loader

Gunakan Alusista Canggih Prajurit TNI Berhasil Lumpuhkan Lawan

Foto
Latihan Tempur Ancab BTP 13 Kartika Yudha 2021 di Puslatpur Martapura, OKU Timur

OKUT, GLOBALPLANET - Melalui pertempuran yang sengit dengan didukung perlatan yang canggih seperti Meriam, Tank Leopard dan roket astros, Prajurit TNI AD berhasil memukul mundur pasukan lawan yang ingin menguasai tanah air.

Perang menggunakan alusista canggih ini merupakan agenda Latihan Pertempuran Ancab BTP 13 Kartika Yudha 2021 di Puslatpur Martapura, OKU Timur, pada Kamis (18/11/2021).

Selain dari darat, pasukan TNI menggunakan helikopter juga memborbardir daerah pertahanan musuh. Berkat kemampuan TNI AD, lawan bisa dilumpuhkan dan wilayah bisa direbut kembali.

Sebanyak 4200 lebih personel TNI AD terlibat dalam agenda latihan itu, baik itu penyelenggara maupun peserta.

Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.Ip., M.Si didampingi Dankodiklat AD Letjen TNI AM Putranto S.Sos, menambahkan, latihan tempur ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah berjalan selama 14 hari.

Perkembangan teknologi militer sangat pesat, sehingga pihaknya dari AD merespon itu dan memanfaatkan teknologi terbaru. Berbagai Alutsista canggih diterjunkan dari Helikopter Apache, Helikopter Helybell 212, Meriam, Roket Astros hingga Amphibious Ponton,terangnya.

Termasuk penerjunan payung barang dengan Gps yang otomatis yang bisa mencari sasaranya sendiri.

"Saat di Sungai Komering kita menggunakan Amphibious ponton yang gunanya menyeberangkan alat tempur bahkan kita sudah melaksanakan penggabungan beberapa alat dalam waktu yang standarnya lebih bagus dari standar negara asalnya,"ungkapnya.

TNI AD juga menggunakan teknologi penginderaan yang luar biasa."Semakin kita menggunakan teknologi terbaru tentunya bermanfaat bagi AD. Latihan ini juga yang kita gunakan untuk bersama-sama dengan negara lain diantara  garuda shield dengan Amerika sebelumnya,"katanya.

Nantinya pihak TNI AD akan melaksanakan latihan dengan beberapa negara (multi negara) diantaranya Amerika, Inggris, Jepang, Korea dan Australia,ungkapnya.

"Mereka melihat perkembangan kita dan mereka tertarik kerjasama dengan kita untuk meningkatkan militer mereka,"tegasnya.

Letjen TNI Bakti Agus Fadjari juga mengucapkan terimakasihnya kepada Dankodiklatad dan seluruh penyelenggara karena sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.Kegiatan latihan pertempuran hari ini juga ramai ditonton oleh warga sekitar dengan penuh antusias.

"Tentu ini merupakan bagian dari kebersamaan kita, ada visi dari Panglima TNI yang baru TNI adalah kita,"terangnya.

 

Share