loader

Abdullah Puteh Mengapresiasi Program Pengabdian LDII Bidang Pertanian

Foto
Kunjungan Abdullah Puteh anggota DPD RI membahas mengenai salah satu program pengabdian LDII di bidang pertanian. Foto: LINES.

JAKARTA, GLOBALPLANET - Anggota DPD RI Abdullah Puteh silaturrahim ke kantor DPD LDII, Jakarta Selatan. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Muswil DPW LDII Provinsi Aceh yang dihelat beberapa waktu lalu.

Abdullah Puteh disambut langsung oleh Ketua Umum DPP LDII KH. Chriswanto Santoso beserta jajarannya.

Saat berbincang-bincang, Abdullah Puteh mengapresiasi program 8 Bidang Pengabdian LDII. Terlebih lagi, Abdullah Puteh yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Gabungan Koperasi Produsen Pertanian Indonesia (GKPPI) memuji peran LDII di bidang pertanian.

KH Chriswanto menjelaskan beberapa kisah sukses warga LDII pada bidang pertanian, salah satunya Awaldi Hasibuan penyuluh pertanian nasional yang sukses menanam singkong raksasa di Riau yang ditanam oleh Awaldi Hashibuan. Sementara di Garut, Tantan Rustandi mengembangkan pertanian digital di Garut. Selanjutnya, ada nama Taswadi yang mengembangkan pertanian di lahan gambut di Kalimantan Barat.

Menanggapi program LDII, Abdullah Puteh terinspirasi dengan berbagai program pertanian yang dilaksanakan warga LDII, “Programnya sangat terarah dan mereka memberdayakan ekonomi masyarakat di bidang peternakan dan pertanian. Itulah yang dibutuhkan masyarakat kita hari ini. Saya kira ini memang sudah sangat berkembang dan harus terus dikembangkan,” ujarnya.

Abdullah Puteh kemudian bercerita, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Aceh tertinggi ke-5, namun angka kemiskinan menempati peringkat ke-6 pada tahun 2019. Masyarakat Aceh dengan mayoritas petani dan area yang cukup besar, sayangya kemiskinan masih melanda. Ia pun prihatin dengan dengan keadaan ini.

Untuk itu, ia menegaskan bahwa peran ormas harus diperkuat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Produksi pertanian harus ditingkatkan, apalagi lahan yang tersedia di Aceh juga cukup luas. Ia mengajak ormas LDII di tiap daerah mengelola lahan.

“Saya lihat LDII sudah siap, nanti kita bisa lihat bersama-sama tentang Kepres Pertanian. Saya juga punya ide food estate regional. Cita-cita saya dengan jaringan LDII yang sudah ada, dapat membuat food estate regional. Misal dipecah 10.000 hektar untuk provinsi dan 10.000 hektarnya kerjasama dengan LDII,” ujarnya.

Share

Ads