loader

Durian Lingsing dan Kebau Varitas Lokal Lahat

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Kabupaten Lahat memiliki buah durian varitas lokal, yakni Durian Lingsing dan Durian Kebau. Hanya saja, pemerintah masih terkendala melakukan pengembangan karena belum mengantongi izin dari Kementerian Pertanian, yang kini masih dalam proses.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Peternakan Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dian Iskandar SP MSi mengatakan, durian lingsing dari Desa Pagar Jati, Kecamatan Kikim Selatan dan durian Kerbau dari Desa Durian Dangkal, Kecamatan Mulak Sebingkai itu sejauh ini sudah terdaftat sebagai varitas lokal di Kementerian Pertanian.

"Artinya kedua jenis durian itu menjadi varitas lokal Bumi Seganti Setungguan dan daerah lain tidak bisa mengakuinya,"kata Dian, Jumat (14/1/2022).

Dian menjelaskan, kedua durian itu masing-masing hanya ada satu batang yang merupakan warisan dari nenek moyang sang pemilik. Bahkan, usinyanya diperkirakan sudah lebih dari 50 tahun. Untuk durian lingsing isi buah lebih lunak enak dan legit dengan warna kuning, sedangkan durian kebau buahnya lebih besar, juga memiliki rasa yang tidak kalah lezat dengan isi buah berwarna putih.

"Ya cuma ada masing-masing satu pohon, itu warisan dari nenek moyang pemilik,"terangnya. 

Kemudian Dian mengakui pemerintah sampai sekarang ini belum bisa mengembangkan kedua durian tersebut. Bukan tanpa alasan, karena belum ada izin pelepasan varian dari Kementerian Pertanian. Hanya saja, sekarang izin tersebut masih dalam proses pengusulan.

"Pengembangam atau perbanyak masih terkendala izin, kita berharap izin cepat keluar dan bisa segera dikembangkan. Tapi kalau pemilik secara pribadi mau mengembangkan boleh saja, tapi sejauh ini mereka (pemilik) belum melakukan pengembangan, hanya sebatas konsumsi pribadi dan mungkin dijual juga,"sampainya.

Share