loader

Ajak Masyarakat Gotong Royong Perbaiki Jalan 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Kepala Desa (Kades) Toman, Makmun mengajak warga bergotong royong, untuk memperbaiki ruas jalan poros desa yang sempat rusak akibat curah hujan yang terus menerus.

Jalan poros yang rusak beberapa waktu lalu sepanjang 3 Km merupakan akses jalan satu-satunya menghubungkan Desa Toman dan Desa Riding, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI, Selasa (18/1/2022).

Kades Toman, Makmun mengatakan gerakan peduli desa yang memperbaiki jalan beberapa waktu lalu bersama bersama tokoh masyarakat dan pemuda.

“Gerakan ini dimulai ketika jalan tidak bisa di lewati pada awal bulan Januari tanggal 2 kemarin, saya mengumpulkan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda desa yang kami sebut gerakan peduli desa untuk mencari solusi mengenai masalah jalan rusak,” ujar makmun kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Makmun mengatakan permasalahan jalan rusak pada ini sempat sulit dilalui, tepatnya pada tanggal 14 januari kemarin pihaknya berhasil mengumpulkan dana lewat sumbangan dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah permasalahan jalan rusak di desa kami, pasa tanggal 14 januari kemarin kami berhasil mengumpulkan batu sebanyak 15 kibik lewat sumbangan dari berbagai pihak, jalan yang kami bangun merupakan jalan poros kabupaten menghubungkan antara toman dan riding karna toman hanya mempunyai satu jalan poros,” ujarnya.

Makmun berharap dengan adanya kegiatan gerakan peduli desa ini dapat berkelanjutan dari pemerintah kabupaten.

“Harapan kami dengan kegiatan ini ada keberelanjutan dari pemerintahan kabupaten OKI, karna selain masalah infrastruktur jalan, kami mempunyai gagasan untuk pemanfaatan sumberdaya alam. untuk ekonomi kerakyatan,” imbuhnya.

Tidak sebatas Infrastruktur jalan, kedepan Makmun akan memanfaatkan potensi sumber yang ada di Desa Toman seperti lahan pengelolahan rawa gambut membentuk kelompok tani serta akan berkoordinasi langsung kepada pihak dinas terkait.

“Kedepan kami akan membuka lahan rawa gambut untuk dijadikan lahan perkebunan atau pertanian oleh masyarakat, karena masyarakat desa toman selama ini tidak memanfaatkan sumber daya yang ada, hanya sebatas pemanfaatan kebun karet,” ucapnya.

Lanjutnya, Makmun menjelaskan sumber daya alam Desa Toman dapat dimanfaatkan sebagai salah satu potensi kemakmuran warganya.

“Desa toman tidak punya sumber lain untuk itu dalam waktu singkat ini, kami akan membentuk kelompok tani dan akan kami hubungkan dengan dinas yang membidangi sehingga desa toman ini dapat menjadi desa binaan dalam pemanfaatan potensi desa,” tandasnya. 

Share

Ads