loader

2021 Produksi Padi di Lahat 124.184 Ton

Foto
Momen panen padi di lahan sawah milik masyarakat Kecamatan Lahat Selatan, beberapa waktu lalu.(Foto : Ferry Andika)

LAHAT, GLOBALPLANET - Catatan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Lahat produksi padi sepanjang tahun 2021 mencapai sekitar 124.184 ton gabah kering giling. Saat ini, petani sudah mulai melakukan penanaman bahkan masih ada yang panen.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM melalui Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dian Iskandar SP MSi mengatakan, capaian produksi padi gabah kering giling sampai akhir Desember 2021 sudah 124.184 ton. Apabila, dijadikan beras siap konsumsi menjadi sekitar 70.944,26 ton.

"Ya, itu untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Lahat, baik sawah tadah hujan maupun irigasi. Untuk luasannya data yang ada baru sampai September 2021 seluas 25.174 hektar,"kata Dian, Rabu (19/1/2022).

Untuk hasil produksi, kata Dian petani biasanya selain untuk konsumsi pribadi dan keluarga, beras juga dijual ditempat petani menggiling bahah kering tersebut.

"Sebagiam pastinya untuk konsumsi sendiri, sisanya baru dijual. Biasanya petani langsung jual ke penggilingan, dari penggilingan macam-macam ada yang ke pengepul besar dan lainnya. Kami juga belum termonitor, penggilingan jual dimana, mungkin dinas  terkait yang tahu,"sampainya.

Share