loader

Herman Deru Dampingi Panglima TNI Saksikan Latgabma Super Garuda Shield 200 di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Gubernur Sumsel H Herman mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyaksikan  Latihan Hirain/C-Rain Latma Garuda Shield-16/2022 dalam rangka Super Garuda Shield 2022 Matra Udara di VIP Room Bandara Sultam Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Selasa (9/8/2022).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi TNI karena untuk pertama kalinya interaksi cepat yaitu menggunakan senjata angkatan darat artileri medan sistem canon bersama prajurit Amerika Serikat.

"Pertama kalinya kita lalukan interaksi cepat senjata angkatan darat artileri dengan kaliber 155 mm dengan berat 18,4 ton di pindahkan secara mobile kedalam pesawat hercules C30 dan melakukan manuver bersama prajurit Amerika Serikat yang menggunakan sistem roket," katanya.

Andika menyebut, dalam skenario latihan  bagaimana menghadiri senjata bantuan dengan jarak jauh menggunakan pesawat. Dan tentunya ini akan menambah jam terbang bagi personil yang terlibat dalam latihan. 

"Jadi skenario latihan ini pertama kali kita lakukan menggelar alat utama sistem senjata (alutsista) di daerah dengan landasan yang bisa dilewati pesawat hercules," ucapnya.

Share

Ads