loader

Infrastruktur Kembangkan Potensi Wisata Andalan Sumsel di Pagaralam 

Foto

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Sejumlah infrastruktur yang dibangun menggunakan anggaran Bantun Gubernur (Bangub) Sumsel 2022 diresmikan. Salah satunya yakni meresmikan pembangunan jalan lingkar Desa Pelangkenidai Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Kota Pagaralam merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Sumsel. Sebab itu, bantuan yang diberikan tersebut diharapkan dapat mendongkrak sejumlah potensi yang ada di Pagaralam tersebut.

"Sumber Daya Alam di Pagaralam ini harus terus dibenahi agar wisatawan untuk menuju kawasan ini dpat lebih lancar. Bantuan yang diberikan bukan hanya infrastruktur, tapi termasuk juga program kelistrikan," ujarnya, Selasa (21/2/2023).

Terlebih, Pagaralam sendiri jadi satu-satunya kota green city. Pagaralam menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber kelistrikan yang bersumber dari SDA.

"Pemnfaatan EBT untuk sumber kelistrikan di Pagaralam ini tentu tidak akan terjadi jika SDA-nya tidak terjaga. Namun di Pagaralam ini, semua berjalan baik sehingga suplay listrik di daerah ini berlebih dan bisa dibagi untuk kabupaten di sekitarnya," jelasnya.

Diketahui, pada tahun 2022 Pemprov Sumsel menggelontorkan anggaran bangub senilai Rp67 miliar untuk kota Pagaralam. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 31 kegiatan meliputi pembangunan jalan, perkim, PSDA, pendidikan serta komunikasi dan informasi seperti signal internet.

Pada kesempatan itu, Herman Deru juga menyerahkan Bangub tahun 2023 senilai Rp50 miliar kepada Pemkot Pagaralam. "Jumlah bangub yang diberikan di setiap daerah ini berbeda-beda. Kita lihat potensi dn kebutuhannya. Bntuan yang diberikan itu tentu dinilai selaras dengan RPJMD Sumsel," ujarnya.

Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, kemajuan pembangunan cukup pesat terus terjadi di Kota Pagaralam. "Setiap tahun, kepala daerah mengajukan program masing-masing, termasuk kota Pagaralam ini. Bangub ini tentu membuat pembangunan Pagaralam tambah maju," kata Alpian.

Dia pun mengapresiasi langkah gubernur dalam membantu kemajuan pembangunan di kabupaten dan kota di Sumsel ini. "Banyak capaian yang telah terjadi di Pagaralam ini. Angka kemiskinan angka stunting di Pagaralam ini juga menurun. Ini terus kita pertahankan terus. Semua itu terjadi karena adanya bangub tersebut," pungkasnya.

 

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler