loader

Pakai Alat TAA, Polisi Selidiki Penyebab Kecelakaan yang Tewaskan 3 Orang di OKU 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Anggota Subdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel menggunakan alat Traffic Accident Analysis (TAA) dalam olah TKP lanjutan untuk memback up penyidik Satlantas Polres OKU.

Alat TAA digunakan untuk mengetahui penyebab kecelakaan lalu lintas antara mobil travel BG 1609 ZF dengan kendaraan Dump truk Toyota Dyna Nopol BG 4284 MH yang menewaskan tiga orang di Jalinsum Desa Kuruk, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU Minggu (26/3/2023) kemarin. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumsel Kompol Irwan Andeta menjelaskan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel menerjunkan tim Traffic Accident Analysis (TAA) dari tim Unit Lakalantas yang ada di Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel. 

"Tim TAA ini diterjunkan untuk melakukan scientific investigasion guna mengetahui secara detail peristiwa kecelakaan yang terjadi," ungkapnya, Senin (27/3/2023). 

Dijelaskan Irwan dalam olah TKP lanjutan kecelakaan lalu lintas di Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU, petugas menggunakan teknologi Scaner Laser 3D Leica, yang bisa mengetahui gambaran peristiwa Lakalantas yang terjadi. 

"Tim TAA sudah diterjunkan ke OKU kemarin sore untuk melakukan olah TKP lanjutan kita tunggu hasil penyelidikan Tim TAA dilapangan yang bergabung dengan penyidik Satlantas Polres OKU," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan Irwan Andeta dari hasil olah TKP dan identifikasi kendaraan yang terlibat lakalantas, kecelakaan diduga terjadi akibat human error saat ini tim di lapangan masih melakukan pendalaman. 

"Penyidik Lakalantas Polres OKU menduga pengemudi kendaraan R6 Dumptruk Toyota Dyna membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi sehingga kendaraan masuk ke lajur arah berlawanan, dan pada saat bersamaan datang kendaraan Mitsubishi L300 yang berjalan dari Arah Baturaja menuju arah Prabumulih maka Lakalantas tidak dapat terhindarkan lagi," katanya. 

Share

Ads