loader

Dinas Perdagangan OKI Bakal Tarik Kembali Bantuan Yang Telah Disalurkan, Ada Apa?

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Pernyataan yang mengejutkan disampaikan oleh pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), karena bakal menarik kembali bantuan yang telah disalurkannya. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten OKI, Alamsyah, melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri, M. Iqbal Rasid, ketika diwawancara wartawan, Rabu (29/3/2023) diruangan kerjanya.

Lanjutnya, penarikan bantuan yang bakal kami lakukan bukan tanpa alasan, karena berdasarkan laporan bahwa penerima bantuan tersebut tidak tepat sasaran.

"Apabila ada pedagang yang bukan asli domisili OKI silakan bawa kesini orangnya kita tarik lagi unit bantuan itu ,” tandasnya.

Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan, sebelum mendapatkan bantuan para pedagang sudah melengkapi beberapa persyaratan kelengkapan data.

Jelas itu tepat sasaran sesuai peruntukannya, sesuai permintaan para pedagang. Sebelum mendapatkan bantuan, pedagang sudah dimintai beberapa persyatan seperti KTP, KK, SKU dan Foto tempat usaha.

“Bantuan itu sesuai kebutuhan, saya lupa ada berapa unit bantuan kemarin yang punya program itu Provinsi. Kami hanya merealisasikan saja," ujarnya.

Bantuan unit bagi pedagang di pasar kayuagung terealisasi sesuai data dan fakta.

“Bahwa yang nerima itu domisili banyak orang OKI boleh di cek, ya kita untuk apalah bantu pedagang warga Ogan Ilir siapa yang ingin diberi. Benar di kita banyak pedagang datangan dari OI tapi mereka berdagang di OKI,” jelas dia.

Terpisah berdasarkan informasi yang disampaikan langsung oleh salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, para pedagang penerima bantuan yang berjualan di pasar kayuagung rata-rata bukan berdomisili asli dari OKI.

“Bantuan alat dari provinsi ke pedagang banyak tidak tersalur untuk pedagang warga OKI, jelas bantuan itu untuk pedangan yang berdomisili di OKI tapi yang menerima banyak pedagang warga Ogan Ilir yang berjualan di pasar kayuagung,” katanya.

Diketahui, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (Disdag Sumsel) menyalurkan bantuan peralatan bagi pelaku UMKM dan IKM, melalui Disdag Kabupaten OKI pedagang pasar kayuagung banyak keluhkan data bantuan tersebut tidak tepat sasaran disinyalir syarat kepentingan.

Bantuan program yang berasal dari Disdag Provinsi Sumsel berupa unit, timbang, box etalase, vacum press, vacuum sealer dan bantuan lainnya. Direalisasikan melalui Disdag Kabupaten OKI. 

Share

Ads