loader

Cuaca Buruk, Nelayan Sungai Lumpur OKI Tak Bisa Cari Ikan

Foto

OKI, GLOBALPLANET - "Pada musim angin barat tangkapan ikan sangat sulit diperoleh karena biasanya pada musim ini ikan banyak beralih ke Sungsang, oleh sebab itu para nelayan disini kebanyakan memilih tidak melaut," ujar Yadi (45) salah satu nelayan di Sungai Lumpur, Jumat (3/1/2020)

Lanjutnya, aktifitas nelayan yang tidak melaut saat ini hanya memperbaiki jaring atau membenarkan perahu. Kemungkinan pada pertengahan bulan Januari 2020 aktifitas para nelayan disini baru bisa kembali normal untuk melaut lagi.

"Kalaupun  dipaksakan  melaut  tidak  akan memperoleh hasil yang banyak dan hanya akan menghabiskan biaya, sedangkan gelombang yang akan dihadapi sekitar 1,5 meter hingga 2 meter apa lagi kalau pada malam hari," ujarnya.

Kepala  Dinas  Perhubungan OKI,  Antonio  Romadhon  MM  mengatakan,  pihaknya  sudah  mengimbau bersama Polairud Polres OKI, agar  para nelayan itu tidak melaut dulu  saat  ini di karenakan cuaca extrim dan sangat membahayakan sekali.

Untuk  lamanya  kondisi  gelombang  tinggi pihaknya  belum  bisa memprediksi karena cuaca saat  ini  belum stabil. "Nanti sampai pihak Sungai Lumpur laporan sudah tenang gelombangnya baru kita cabut larangnya, "tegasnya. 

Terpisah Kapolres  OKI,  AKBP Donni  Eka Saputra  melalui  Kasat  Polairud  OKI , AKP  Suprawira  SH menegaskan, kalau  gelombang  memang  belum  terlalu tinggi  tapi  tetap  waspada demi  keselamatan. Makanya  beberapa waktu  lalu  pihaknya melakukan pengecekan di kapal  nelayan terkait  kelengkapan  peralatan  keselamatan  penumpang dan surat  menyurat izin  operasional. Menurut informasi saat  memang musim angin barat ikan banyak ke arah Sungsang.

Share

Ads