loader

Desa Pedu dan Terusan Jawa Perketat Pengawasan Pendatang

Foto

OKI, GLOBALPLANET.news - Hal inilah yang dimanfaatkan oleh pemerintah di dua desa tersebut, agar masyarakat yang ada di desanya tidak terpapar oleh Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 yang kian merebak, Pemerintah Desa Terusan Jawa memiliki cara tersendiri dalam hal ini, yakni dengan memanfaatkan keuntungan dari tata letak wilayah dan akses jalan menuju ke desa," ujar Kades Terusan Jawa Saruyah, Rabu (22/4/2020).

Labih lanjut ia menjelaskan, dengan tata letak desa yang dikelilingi oleh lebak perairan dan hanya ada satu-satunya akses jalan darat menuju ke desa, sangat menguntungkan sekali bagi pemerintah desa dalam melakukan pemantauan kepada masyarakat yang keluar masuk ke desa.

"Oleh karena itu, pendirian posko pemeriksaan di pintu masuk desa dinilai sangat efektif dalam upaya pencegahan Covid-19 masuk kedesa. Karena pada saat ingin masuk ke desa, entah itu masyarakat desa maupun masyarakat luar yang ingin masuk, akan dilakukan pemeriksaan suhu badan terlebih daluhu oleh petugas yang ada di posko bila perlu dilakukan penyemprotan kepada orang maupun kendaraannya," bebernya sembari menambahkan tidak hanya itu saja sosialisasi budaya hidup bersih dan sehat juga kita lakukan termasuk penyemprotan cairan disinfektan di desa.

Hal senada yang disampaikan oleh Kades Pedu, H. Idrien, bahwa dirinya tidak menganggap remah penanganan terhadap pencegahan penularan covid-19, oleh karena itu dirinya mendirikan posko jaga dan pemeriksaan suhu badan di pintu masuk desa.

"Pendirian Posko Jaga Covid-19, dilakukan agar siapa saja yang akan masuk ke Desa Pedu, wajib dilakukan pendataan, pemeriksaan suhu badan dan biar perlu kita lakukan penyemprotan serta cuci tangan bagi warga yang ingan masuk, sampai dianggap steril oleh petugas," katanya.

Lebih lanjut ia menerangkan, beberapa hari yang lalu, pemerintah Desa Pedu melakukan pembuatan masker yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK Desa Pedu dan seluruh desa-desa yang ada di Kecamatan Jejawi, yang selanjutnya masker tersebut dibagikan kepada warga setempat.

"Dengan demikian, kita berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid19 yang sama-sama kita ketahui menjadi permasalahan dunia," ujarnya.

Kepsen: Pemeriksaan suhu badan dan lain sebaginya, yang dilakukan oleh petugas yang ada di posko jaga sebagai upaya pencegahan masuknya covid-19 ke dalam desa.

Share

Ads