loader

Pematang Kijang dan Danau Ceper Periksa Warga yang Masuk Desa, Tanjung Aur Tutup Jalan

Foto

OKI, GLOBALPLANET - "Pemeriksaan kesehatan atau suhu badan terhadap warga desa yang ke luar desa dan hendak masuk lagi ke desa, kami lakukan untuk memutus mata rantai penularan covid-19 yang sedang merebak," ujar Kepala Desa (Kades) Pematang Kijang, Alamsyah kepada GLOBALPLANET, minggu (26/4/2019).

Lanjutnya, tidak hanya terhadap warga Desa Pematang Kijang, penolakan pun kami lakukan kepada masyarakat luar yang ingin masuk ke desa, termasuk kepada para pedagang keliling yang dari luar desa ketika hendak masuk ke desa, apa bila suhu badannya lebih dari 36 derajat," jelasnya.

Hal senada disampaikan oleh Kades Danau Ceper Kecamatan Jejawi, Jasun, ia mengatakan bahwa hal yang sama kami lakukan seperti halnya di Desa Pematang Kijang, karena desa Danau Ceper merupakan desa yang memiliki akses jalur yang sama dengan Desa Pematang Kijang.

"Kami mendirikan posko jaga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau suhu badan terhadap warga desa yang hendak masuk ke desa, bahkan kami lakukan penolakan terhadap orang luar yang ini masuk ke desa," ungkapnya sembari menjelaskan bahwa, sama juga seperti di Desa Pematang Kijang, di desanya telah dilakukan pensterilan dengan melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga dan tempat keramaian.

Sementara itu terpisa, Kades Tanjung Aur Kecamatan Jejawi, pemerintah desa setempat menutup akses jalan yang ada di desanya, yang kerap dilalui oleh desa-desa tetangganya sebagai jalan pintas menuju ke kota palembang.

"Penutupan jalan kita lakukan atas perintah atau himbauan dari pemerintah dan babinsa. Jadi bagi masyarakat desa-desa seperti di Pulau Layang dan Desa Tapus Kecamatan Pampangan termasuk desa-desa ini yang kerap menggunakan jalan ini sebagai jalan pintas, untuk sementara kami tutup sampai dengan batas waktu yang ditentukan, demi keamanan bersama dalam memutus rantai penularan covid-19," ujarnya. 

Share

Ads