loader

Gandeng MBizmarket,  Diskominfo OKI Pelopori Transaksi Digital di Belapengadaan

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi pelopor transaksi digital belanja pemerintah melalui flatform Belapengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) RI. Dalam pelaksanaannya, Diskominfo OKI  menggandeng toko daring MBizmarket sebagai salah satu Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) yang dilisensi oleh LKPP RI

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten OKI melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Adi Yanto mengatakan Dinas Kominfo OKI melakukan percepatan transaksi digital untuk belanja langsung khususnya belanja publikasi di media massa melalui belapengadaan.

"Kita melakukan percepatan digitalisasi belanja pemerintah melalui Belapengadaan LKPP bekerjasama dengan mitra marketplace  Mbizmarket untuk mengakomodir proses belanja langsung khususnya belanja publikasi media yang bekerjasama dengan Diskominfo OKI” imbuhnya, Jum'at, (10/6/22).

Implementasi Belapengadaan menurut Adi sesuai dengan strategi nasional pencegahan korupsi (Stranas PK) Rencana Aksi 2021-2022 terkait implementasi e-payment dan e-katalog. Untuk itu tambahnya sejak 6 Juni lalu Pemkab OKI telah melakukan sosialisasi dan melatih para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan (PP), Bendahara serta pelaku usaha UMKM di Kabupaten OKI

Sekretaris Daerah OKI, H. Husin, S. Pd, MM, M. Pd saat membuka sosialisasi Belapengadaan Senin(6/6) lalu mengatakan tujuan implementasi PPMSE di OKI selain mendorong akuntabiltas dan transparansi belanja pemerintah, juga  membantu UMKM memperluas pasar  ke sektor pemerintah melalui platform 'Bela Pengadaan'.

"Bagian upaya kita mendorong transparansi dan akuntabilitas belanja pemerintah juga mengembangkan UMKM lokal. Bedanya, pasar UMKM kini juga diperluas untuk bisa ikut dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Ini tentunya juga untuk menguntungkan UMKM," kata Husin.

Manajer MBizmarket area Sumatera Anugrah Alridwan mengatakan M Bizmarket telah dipercaya menjadi salah satu e-merchant (mitra toko daring) Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP) dalam Portal Bela Pengadaan. Lewat toko daring tersebut, berbagai kebutuhan lembaga pemerintahan dapat diakses secara mudah dan praktis, yang selanjutnya akan dilayani oleh M Bizmarket dan para mitra.

"Ini wujud dukungan kami dalam mendukung pemerintah daerah juga keberlangsungan usaha UMKM. Ini peluang untuk memperluas akses pasar sehingga UMKM bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Kami siap membantu mitra toko UMKM kami di OKI," kata anugrah.

Share

Ads