loader

Ketua PB IKA LKS Sumsel Apresiasi Duta Literasi Kabupaten OKI

Foto
Ketua PB IKA LKS Sumsel, Yovie Van Houten bersama Duta Literasi Kabupaten OKI, M. Alki Ardiansyah Iskandar

OKI, GLOBALPLANET - Apresiasi diberikan oleh Ketua PB IKA LKS Sumsel, Yovie Van Houten, terhadap Duta Literasi Kabupaten OKI, M. Alki Ardhiansyah Iskandar, yang berkenan hadir untuk mengisi acara sebagai pemateri dalam kegiatan kepemimpinan siswa angkatan ke- XXI.

"Kami mengapresiasi atas berkenannya Duta Literasi Kabupaten OKI, M. Alki Ardhiansyah Iskandar, yang menyempatkan diri untuk hadir mengisi acara sebagai pemateri dalam kegiatan kepemimpinan siswa ini," ujar Ketua PB IKA LKS Sumsel, Yovie Van Houten, di SMK 1 Kayuagung, Kamis (30/6/2022).

Pada kegiatan yang mengambil tema "Membentuk Karakter Pemimpin Berlandaskan Pancasila" dan diikuti oleh perwakilan siswa/siswi SMA se-Kabupaten OKI ini, Yovie Van Houten menyampaikan bahwa hadirnya Duta Literasi Kabupaten OKI sebagai pemateri sebuah bentuk sinergitas memberikan pencerahan kepada para peserta.

"Kami sebagai panitia mengapresiasi hadirnya Duta Literasi sebagai pemateri sesuai dengan sinergitas keilmiahan akademisi, para pelajar IKA LKS harus dibekali dengan literasi-literasi kepemimpinan khususnya." katanya.

Yopie mengatakan, pasca pandemi covid-19 Angkatan IKA LKS Ke-XXI hanya 66 peserta, pada angkatan sebelumnya jumlah peserta sampai 300 pelajar. 

"Untuk jumlah peserta pelajar yang mengikuti IKA LKS saat ini 66 pelajar perwakilan dari SMA dan SMK Se-Kabupaten OKI mengingat pasca pandemi covid-19 pada angkatan sebelumnya jumlah pelajar yang mengikuti sampai 300 peserta." katanya.

ia mengungkapkan kegiatan IKA LKS mengarahkan para pemuda sebagai calon pemimpin masa depan, melalui latihan kepemimpinan siswa salah satunya candra di muka awal dari proses munculnya sosok pemimpin masa depan.

Disini kita ingin menunjukan pemuda itu harus melalui proses kepemimpinan baik ia ingin menjadi sebuah aktivis organisator maupun menjadi calon pemimpin masa depan di kabupaten OKI, artinya salah satu candra di muka dari proses kepemimpinan seorang pemuda ada di IKA LKS.

"Harapan kita IKA LKS walaupun belum terlalu besar sumbangsihnya, kami terus berusaha memberikan pencerahan kepada pemuda dan generasi penerus di Kabupaten OKI agar lahirnya para pemimpin melalui proses di IKA LKS," tutupnya. 

Sementara itu dalam sambutannya Duta Literasi Kabupaten OKI, M. Alki Ardhiansyah Iskandar mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak penyelenggara IKA LKS karena diberi kesempatan mengisi waktu sebagai pemateri kepada para peserta latihan kepemimpinan siswa.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak panitia IKA LKS dan para peserta pelajar perwakilan SMA dan SMK Se-Kabupaten OKI telah menyelenggarakan latihan kepemimpinan siswa angkatan Ke-XXI semoga kegiatan positif ini akan mengorbitkan para pemimpin muda sebagai next generation," ungkap Alki Ardhiansyah Iskandar, Kamis (30/06/2022). 

Alki mengungkapkan, kepada para pelajar kaum milenial di era kemajuan digital saat ini berdampingan langsung dengan digital untuk menggunakan akun sosial media secara bijak, cermat, cerdas dan juga patuh terhadap hukum dan norma-norma berlaku di negara kita.

"Saya sebagai Duta Literasi mengingatkan dan mengajak adik-adik pelajar agar lebih bijak menggunakan akun sosial media masing-masing, terutama dalam menyaring sebuah informasi yang berkembang. Saring terlebih dahulu informasi yang kita baca apakah berita itu ada unsur bohong (hoax) atau sebuah informasi berita toxic bersifat negatif," imbuhnya.

Alki berharap kepada semua pelajar yang mengikuti latihan kepemimpinan siswa untuk saling membantu mensosialisasikan literasi digital agar terciptanya sebuah ekosistem untuk kemajuan kabupaten OKI.

"Menjadi harapan kita bersama terutama  adik-adik pelajar yang mengikuti latihan kepemimpinan siswa, Mari bersama kita ciptakan ekosistem yang bersih, sehat, bijak, cerdas dan cermat dalam berliterasu digital untuk membangun kabupaten OKI yang lebih baik lagi tentunya di dunia digital," tutupnya.

Duta Literasi Kabupaten OKI memberikan kita suci Al-Qur'an kepada seluruh peserta serta bantuan voucher belanja kapada para peserta dalam sesi tanya dan jawab. 

 

Share

Ads