loader

KT OKI Sukses Menggelar Lomba Perahu Bidar Mini hingga Menarik Perhatian Publik

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Ratusan masyarakat memadati bantaran sungai tanjung ali dan sukadarmo menyaksikan perlombaan perahu bidar mini diselenggarakan oleh Karang Taruna Kabupaten Ogan Komering Ilir (KT OKI) di Desa Tanjung Ali, Kecamatan Jejawi, OKI. Selasa (12/07/2022).

Sebanyak 18 peserta perahu bidar mini memperebutkan Piala Karang Taruna OKI dan bonus yang telah disediakan oleh pihak panitia pelaksana (Panpel) perlombaan.

Tim Tsubasa Neymar yang  berasal dari jakabaring kota palembang berhasil menjadi juara pertama setelah mengalahkan tim M Darmo berasal dari desa sukadarmo jejawi dalam partai final.

Sementara dalam memperbutkan juara ketiga tim Ulo Ayo berasal dari desa pemulutan Kabupaten Ogan Ilir berhasil menjadi juara ketiga setelah mengalahkan tim Wak Leman desa sukadarmo.

Juara 1 Tsubasa Neymar (Palembang)

Juara 2 M Darmo (Desa Sukadarmo)

Juara 3 Ulo Ayo (Desa Pemulutan)

Juara 4 Wak Leman (Desa Sukadarmo)

Ketua Karang Taruna Kabupaten OKI, Mauliddini SKM melalui Sekertaris Karang Taruna Kabupaten OKI Hery Yanto mengatakan, perlombaan perahu bidar mini ini diselenggarakan setiap tahun tepatnya hari Ke-3 lebaran Idul Adha.

"Perlombaan perahu bidar mini di desa tanjung ali diselenggarakan setiap tahun tepatnya hari ke-3 lebaran idul adha, tujuan dari perlombaan ialah menghibur  masyarakat sekitar menarik para wisatawan dari luar kecamatan untuk menyaksikan keseruan perlombaan perahu bidar mini ini," katanya.  

Menurutnya, selain hiburan bagi masyarakat perlombaan perahu bidar mini ini juga melestarikan budaya kepada regenerasi mendatang.

"Banyak nilai yang terkandung dalam lomba bidar mini ini seperti pemahaman bagi generasi anak muda bahwa kita memiliki budaya menggelar kegiatan berupa perlombaan di desa tanjung ali." ungkapnya.

Ia menambahkan kegiatan perlombaan bidar mini ini di buka untuk umum bukan hanya peserta lomba lokal yang berasal dari kecamatan jejawi saja, kabupaten kota tetangga seperti Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Palembang turut serta mengikuti ajang perlombaan ini.

"Antuasias bukan hanya dari para penonton saja bisa disaksikan langsung antuasias dari para peserta lomba ada dari kabupaten Ogan Ilir, Banyuasin dan juga peserta lomba berasal dari Kota Palembang,"pungkasnya.

Sementara itu, Karno salah satu penonton yang berasal dari kecamatan rambutan Kabupaten Banyuasin sudah kali ke-3 menyaksikan langsung perlombaan perahu bidar di desa tanjung Ali.

Sudah ke-3 kalinya saya menyaksikan lomba perahu bidar disini (Tanjung Ali) saya mengajak anak dan istri untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

"Perlombaan perahu bidar mini ini sangat menghibur tentunya lomba ini bukan hanya peserta yang berasal dari desa sekitar jejawi ada juga peserta lomba berasal dari pemulutan dan jakabaring. Inilah yang menjadi daya tarik lebih perlombaan perahu bidar mini di desa tanjung ali," pungkasnya.

Share

Ads