loader

Gulo Puan Raih Anugerah Pesona Indonesia Award 2022

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Kudapan para bangsawan pada masanya ‘gulo puan’ berhasil meraih Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Cemilan khas desa Bangsal, Kecamatan Pampangan ini meraih top 3 nasional kategori makanan tradisional pada malam puncak API Award 2022 di Banda Aceh, Jum’at (25/11) malam.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI melalui Kabid Kebudayaan, Marulak Kurniawan menyampaikan pengumuman pemenang disampaikan pada malam puncak API Awards 2022 di Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 

"Capaian dan Prestasi ini adalah buah kesungguhan seluruh masyarakat OKI yang telah berpartisipasi lewat mekanisme e-voting yang tentunya mendapat dukungan dari Bupati, Iskandar beserta jajaran", kata Ucok.

Ucok mengatakan, pada perhelatan API Awards 2022 Kabupaten OKI lewat Makanan para bangsawan pada zaman dulu yang terbuat dari air susu kerbau rawa, Gulo Puan asli Desa Bangsal Kecamatan Pampangan berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga kategori makanan khas tradisional yakni Gulo Puan. Tidak hanya itu, Kue Tradisional khas Kecamatan Kayuagung juga mendapat sertifikat HAKI dari Kemenkumham RI.

"Kita patut bersyukur dengan potensi yang dimiliki, dan sudah seharusnya menjaga sehingga keotentikan budaya kuliner di Ogan Komering Ilir bisa dirasakan oleh generasi berikutnya", imbuhnya. 

Kabupaten OKI juga menerima sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Bolu Cupu dari Kementerian Hukum dan HAM RI pada momen tersebut. Sebelumnya sudah diterima sertifikat HAKI untuk Tikar Purun, Adat Perkawinan Mabang Handak, Gulo Puan, Tari Penguton, Lelang Lebak Lebung, Jejuluk, Midang, Tanjidur Pedamaran, Biduk Kajang, Gerabah, Kepudang, Tari Cang Cang, Setakatan, Kerupuk Kemplang Kayuagung, dan branding pariwisata It’s OKI.

Sementara itu, Advisor sekaligus Founder Anugerah Pesona Indonesia, Patrice Rio Capella mengatakan API Awards ini sudah ada sejak 2006 dan saat ini telah menjelma menjadi salah satu platform promosi destinasi dan produk pariwisata terbesar di Indonesia. 

“Sudah lebih dari 1.100 destinasi atau produk yang diangkat dan dipopulerkan melalui ajang API,” kata Rio.

API Awards ini juga menjadi ajang bagi para penggerak di sektor pariwisata di daerah, untuk mengoptimalkan potensi dan mempromosikan secara masif dan efektif. 

“Selamat kepada seluruh pemenang. Anugerah Pesona Indonesia, selalu memberi kesadaran kepada pemerintah daerah bahwa pariwisata merupakan sumber daya tidak terbatas dan tidak akan ada habisnya,” pungkasnya.

Share

Ads