loader

Musrenbang di Kecamatan Sungai Menang Dihadiri oleh Perusahaan 

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Beberapa perusahaan yang berada di wilayah Kecamatan Sungai Menang, hadir dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 2024 yang digelar di aula rapat kantor camat setempat, kali ini dihadiri langsung 2 orang manager dan 1 orang bidang CSR dari dua perusahaan yang beroperasi dalam wilayah tersebut, Rabu (18/1/2023) pagi.

Selain ketiga orang dari PT Telaga Hikmah IV dan Mutiara Bunda Jaya, pada giat tersebut hadir pula para peserta yang berasal dari berbagai unsur, antara lain Kapolsek, Danramil, rombongan Bappeda OKI, Korlu dan Korla, Kades beserta perangkat, PSHT Pagar Nusa, Karang Taruna, Ketua BPD serta tokoh masyarakat, agama atau adat di wilayah Kecamatan Sungai Menang.

“Kita sengaja mengundang beberapa perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sungai Menang ikut hadir pada giat musrenbang pada hari ini,” kata Camat Sungai Menang Syawal Harahap S.Sos M.Si kepada wartawan.

Dan Alhamdulillah, kata dia lagi, pada kesempatan tadi telah hadir 2 orang manager dari PT Telaga Hikmah IV dan Mutiara Bunda Jaya serta 1 orang bagian CSR perusahaan. Harapannya, mereka turut mendukung Pemkab OKI dalam melaksanakan program prioritas seperti infrastruktur, jaringan listrik, pendidikan, kesehatan serta lainnya.

“Karena kita selaku pemerintah kecamatan sangat mengharapkan bantuan perusahaan yang ada di wilayah kami, ikut berperan dalam membangun Kecamatan Sungai Menang dengan mengoptimalkan CSR dan program pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan,” kata dia.

Ketika ditanya apa saja program prioritas yang diusulkan pada kegiatan musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Sungai Menang, dirinya mengatakan, ada beberapa yang tadi disampaikan secara lisan. Seperti dari Kades Gading Mas, disana tiang sudah ada, tetapi jaringan listrik belum didistribusikan sampai sekarang.

“Dari Kades Sungai Menang, minta perbaikan jalan penghubung antara Desa Talang Jaya menuju Sungai Menang, penambahan lokal SD Negeri 2 Sungai Menang dan jalan poros menuju Dusun Kedodong sepanjang 2 kilometer,” ujar dia.

Sedangkan dari Kades Talang Jaya, terkait jalan penghubung antara Desa Talang Jaya menuju Desa Sungai Menang. Pjs Kades Persiapan Sungai Menang Darat mengusulkan penambahan tower jaringan Telkomsel, XL dan lainnya

“Kades Gajah Mulya ingin adanya penambahan petugas kesehatan, karena tidak ada bidan desa, serta perbaikan jembatan penghubung ke Desa Gajah Makmur. Dari Kades Bumi Pratama Mandira, terkait keamanan aset desa, turab pintu air buat petani tambak, pembangunan klinik, akses jalan terputus menuju Desa Pinang Indah, listrik desa dan tempat pelelangan ikan,” tandas dia.

Terpisah, Kepala Bappeda OKI Aidil Azwari SP M.Si melalui Kabid Perekonomian dan Sumber Daya Alam H. Ismail SP saat dihubungi mengatakan, langkah yang telah dilakukan Pemerintah Kecamatan Sungai Menang itu sangat tepat. Karena seperti diketahui bersama, dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan tak mungkin dapat dilakukan oleh Pemkab OKI saja.

“Tetapi juga harus melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pelaku pembangunan, termasuk perusahaan bisa berperan aktif memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Terutama pada lingkungan sekitar perusahaan dengan membangun akses jalan, jembatan, air bersih, pendidikan, kesehatan dan jaringan listrik,” tandas dia.

Dengan begitu, lanjut dia, pembangunan yang dilaksanakan mampu menuntaskan segala permasalahan yang ada di tengah masyarakat. “Dan visi serta misi Kabupaten OKI 2019-2024 benar-benar dapat terwujud, meskipun APBD Kabupaten OKI masih sangat terbatas,” pungkas dia. 

Share

Ads