loader

Sempat Meremehkan Timnas Indonesia, Safee Sali Tarik Ucapannya dan Puji Skuad Garuda

Foto
Safee Sali tarik ucapan meremehkan setelah Malaysia dihajar Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pesepakbola legenda Malaysia, Safee Salii, menarik ucapan meremehkan yang pernah ia lontarkan kepada Timnas Indonesia sebelum bergulirnya Piala AFF 2020. Setelah Malaysia dihancurkan dihajar Timnas Indonesia 1-4 di matchday pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Safee Sali melontarkan pujian ke skuad asuhan Shin Tae-yong. 

"Selamat Garuda. Kita harus mengakui kekalahan, Harimau Malaya harus melakukan post mortem apa pun masalahnya,” kata Safee Sali di akun Instagram-nya, @SuperSafee10.

“Menurut saya sejak proyek naturalisasi diperkenalkan, ini adalah puncak dari permainan Tim Nasional Indonesia,” lanjut pemain yang pernah merumput di Liga Indonesia bersama Pelita Jaya ini. 

Lantas apa kalimat meremehkan Safee Sali sebelum gelaran Piala AFF 2020 dimulai? Ia memprediksi Vietnam dan Malaysia yang bakal lolos ke semifinal Piala AFF 2020 mewakili Grup B. Alasannya karena Timnas Indonesia hanya diperkuat pemain-pemain muda minim pengalaman. 

“Ini adalah grup yang sulit, ketika Vietnam dan Malaysia berbagi grup yang sama dengan Indonesia, Laos dan Kamboja. Untuk memperebutkan posisi dua besar tidak hanya membutuhkan keahlian tetapi juga semangat juang,” kata Safee Sali mengutip dari media Vietnam, Zing News. 

“Saya berharap Vietnam dan Malaysia akan terus berlanjut (lolos ke semifinal Piala AFF 2020). Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan dengan para pesaingnya, para pemain muda itu masih kurang berpengalaman,” lanjutnya.

Komentar Safee Sali di atas dibayar kontan dengan pembantaian Harimau Malaya oleh Timnas Indonesia di Stadion Nasional Singapura, Singapura. Bahkan, Skuad Garuda tampil apik dan lolos dengan predikat Raja Grup B Piala AFF 2020, diikuti Vietnam dan Malaysia di tempat kedua dan ketiga.

Secara statistik Timnas Indonesia merupakan tim yang paling subur di Grup B Piala AFF 2020. Anak asuh Shin Tae-yong mencatatkan 13 gol dan hanya kemasukkan empat gol. Sementara itu, Timnas Malaysia yang dibangga-banggakan Safee Sali harus puas kebobolan delapan kali, dan terpaksa pulang ke kampung halaman. 

Ini artinya, komentar Safee Sali soal kekuatan pemain muda Timnas Indonesia sepenuhnya keliru. Timnas Indonesia yang keluar sebagai jawara grup akan berhadapan dengan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Laga akan berlangsung dua leg, tepatnya pada Rabu 22 Desember 2021 dan Sabtu, 25 Desember 2021.

 

Share

Ads