loader

Berikan Kuliah Umum, Herman Deru Berbagi Tips Sukses

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Baginya kegiatan kuliah umum adalah salah satu kegiatan produktif bagi institusi pendidikan. "Saya mendapatkan kehormatan dan kepercayaan untuk bisa memberikan materi kuliah umum bagi mahasiswa baru UBD. Kegiatan hari ini merupakan hal yang sangat produktif bagi institusi pendidikan yang memberi kesempatan orang non akademik bisa turut memberikan kuliah umum," kata HD saat membuka kuliah umum UBD tahun akademik 2021-2022, Senin, (27/9).

Melalui kuliah umum, UBD secara tidak langsung telah memberikan wawasan luas kepada mahasiswa dari sumber yang non dosen. Herman Deru berharap untuk memperluas wawasan para mahasiswa, UBD dapat mengundang tokoh-tokoh lainnya untuk memberikan materi kuliah umum. 

Herman Deru memberikan motivasi kepada Mahasiswa UBD untuk selalu semangat  dalam menentukan arah tentang tujuan yang akan dicapai serta terus mencoba dan tidak takut ketika mengalami kegagalan. 

"Di dunia modern sekarang ini, semua informasi tersedia yang dapat diakses oleh semua orang termasuk mahasiswa, ini tentunya keuntungan bagi kalian semua untuk dapat mewujudkan cita - cita dengan menata dan melakukan tindakan terukur dalam proses menggapai cita-cita," tutur Herman Deru.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode juga memberikan beberapa tips dalam menggapai cita - cita seperti menentukan ukuran sukses untuk diri sendiri, mengenali potensi diri, menata langkah terukur dalam menggapai cita-cita, dan melakukan dengan serius setiap langkah yang diambil serta tekun dengan bidang yang diminati. 

"Untuk mencapai sukses. Kita perlu menetapkan ukuran sukses terlebih dahulu tidak hanya sekedar pada materi saja. Ukuran yang benar adalah kemanfaatan hidup," tuturnya.

Menutup kuliah umumnya HD menegaskan, spirit dan semangat pantang menyerah merupakan kunci menjalani hidup dalam mencapai cita - cita. Dirinya juga berpesan untuk mahasiswa untuk mengambil sisi positif dari apa yang diberikannya dan berharap agar mahasiswa tidak mendapat ilmu akademik sesuai prodinya saja. 

SementaraRektor UBD,  Dr. Sunda Ariana M.Pd M.M mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah memberikan beasiswa kepada 900 Mahasiswa UBD. 

"Alhamdulillah Pemprov Sumsel telah membantu mahasiswa UBD sebanyak 900 orang untuk diberikan beasiswa pendidikan. Hal itu juga merupakan bukti beliau (Herman Deru) yang memang peduli pendidikan sangat kami aspersiasi dan itu sangat membantu," kata Sunda 

Sunda menyebut,  UBD telah membangun sebuah sistem yaitu Sistem Desa Pintar yang merupakan karya dari Mahasiswa UBD yang nantinya akan diserahkan ke Pemprov Sumsel sebagai bentuk kontribusi UBD terhadap Pemerintah. 

"Kami ingin berkontribusi kepada Sumatera Selatan dibidang penelitian. Kami juga akan memberikan satu karya mahasiswa kami kepada Pemprov sumsel yaitu Sistem Desa Pintar, dimana sistem ini akan memunculkan produk - produk unggulan dari masing-masing desa/kelurahan," ungkapnya. 

Share

Ads