loader

Mess Leanpuri Diresmikan, Herman Deru Sampaikan Sejumlah Pesan ke Pramuka

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua Majelis Bimbingan Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumsel Herman Deru meresmikan Mess Pramuka Leanpuri di Bumi Perkemahan Gandus Palembang.
 
Menurut Herman Deru, Bumi perkemahan Gandus membanggakan karena tidak lama lagi akan diramaikan dengan kehadiran pramuka dalam kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) IV. Dia berharap Pertikaranas tersebut nantinya akan  membangkitkan kepramukaam di Bumi Sriwijaya.
 
"Kita ketahui pramuka tidak hanya identik dengan atributnya tapi pramuka itu jiwa, pramuka itu sesuatu bentukan bagi setiap insan untuk menjadi insan yang setia dan suportif," ujarnya saat peresmian  Mess Pramuka Leanpuri di Bumi Perkemahan Gandus Palembang, Selasa (8/11).
 
Gubernur Sumsel ini ingin Pramuka di Sumsel harus menjadi teladan bagi setiap insan khsusnya  kalangan pemuda. "Kita tau bahwa kepanduan ini butuh proses. Kita gunakan tempat ini untuk menggembleng kejiwaan pramuka. Sebab pramuka ini bukan atribut tapi jiwanya, kedisiplinan pengguna atribut pramuka harus siaga," ungkapnya.
 
Selain itu Herman Deru meminta kepada Kakwarda Sumsel untuk melibatkan semua insan bukan hanya anak sekolah dan pegawai negeri tapi juga organisasi lainnya. 
 
"Kecakapan penanganan bencana ini juga penting. Saya minta pada satuan pramuka yang menjadi pramuka siaga jangan hanya mengandalkan Basarnas dan BPBD tapi pramuka juga ada siaga bencana agar ada kelebihan di dalam kepramukaan," ungkapnya.

 
Kepala Dinas Perkim Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad mengatakan kawasan bumi perkemahan memiliki lahan kurang lebih dari 20 hektare. 
 
Adapun Mess Leanpuri yang diresmikan  berdiri diatas luas tanah 2.500 meter persegi dengan luas bangunan 420 meter persegi dengan menggunakan tiang pancang pondasi mengingat kondisi tanah rawah. 
 
"Bangunan Mess Leanpuri memiliki dua lantai dan 24 kamar dengan fasilitas kamar mandi dan tempat tidur yang bisa menampung tiga orang dengan kipas angin dan kamar mandi di dalam kamar," tutupnya.
 
Menurutnya Mess ini diberi nama Leampuri mengingat Alm Hj Percha Leanpuri sebagi Wakil Ketua Kwarda Sumsel 2017-2022 sangat peduli kepada kepramukaan sehingga para gerakam pramuka sepakat untuk diberi nama Mess Leanpuri.
 
Untuk diketahui sebelum prosesi peresmian Mess Leanpuri tersebut, Gubernur bersama rombongan terlebih dahulu melakukan ziarah kemakam  Almh Hj Percha Leanpuri yang semasa hidupnya yang bersangkutan banyak berkontribusi pada kemajukan gerakan Pramuka Sumsel.

Share

Ads