loader

Soal Pendidikan, Herman Deru Ingatkan Guru Tingkatkan Kemampuan 

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Guru di berbagai jenjang pendidikan di Sumsel diingatkan terus meningkatkan kemampuannya dalam memberikan materi pelajaran. Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, peningkatan kemampuan penting agar guru tidak ketinggalan dan dapat mentranfer ilmu yang terus berkembang untuk siswanya.
 
“Kecepatan dan ketepatan guru memberikan ilmu pembelajaran dan pengetahuan sangat berpengaruh bagi prestasi akademik murid. Para guru harus lebih cepat jangan sampai didahului siswa-siswi," pesan gubernur dalam safari Ramadhan dan Sholat Tarawih berjamaah dengan guru dan Kepala Sekolah SMA/SMK di Griya Agung, Minggu (26/3) malam.
 
Herman Deru menyebut Indonesia harus siap dalam menyambut bonus demografi di tahun 2045. Jumlah penduduk Indonesia 70 persennya dalam usia produktif. “Kita punya tanggung jawab menyiapkan generasi Z ini ke depan yakni generasi yang memiliki kemampuan dibidang digital, melek sains, namun tetap membumi dan tidak tercabut akar budayanya,” tambahnya.
 
Herman Deru menegaskan tugas para guru bukan saja menjadikan anak didik pintar dan berprestasi secara akademik namun lebih dari itu juga harus ditanamkan jiwa siap kompetisi dan berani tampil.
 
“Tugas kita bukan hanya membuat mereka juara kelas saja. Namun sejak dini kita tanamkan keberanian dan siap berkompetisi karena tidak ada gunanya mempunyai prestasi jika jiwa keberaniannya kurang," kata Herman Deru.
 
Karena itu dia menekankan semua pihak mempunyai kawajiban yang sama dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa. "Kita semua sebagai guru dan orang tua mempunyai hak dan kewajiban yang sama mendidik anak-anak kita menjadi SDM dan generasi yang unggul, sanggup mengahadapi berbagai kondisi dan berakhlak mulia," imbuhnya.
 
Dinas Pendidikan di Sumsel diharapkannya dapat memberikan fasilitas sekolah secara adil dan merata baik yang ada di perkotaan maupun yang ada di daerah terluar Sumsel. Di samping itu dia meningatkan agar para guru jangan diberikan kemudahan dalam pindah tugas sebab penyebaran guru belum merata.
 
“Saya ingin kualitas siswa yang dihasilkan antara sekolah yang ada di kota dengan yang di daerah itu sama," pungkasnya.
 
Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Riza Fahlevi dalam laporannya menegaskan Safari Ramadhan Dinas Pendidikan kali ini melibatkan 500 orang terdiri atas jajaran dinas Kepala Sekolah dan Guru di Kota Palembag, Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin.
 

Share

Ads