loader

Kaum Disabilitas di Lahat Mendapatkan Pemahaman Kepemiluan dari Bawaslu

Foto
Kaum disabilitas mendapatkan pemahaman kepemiluan dari Bawaslu Lahat.(Foto: Ferry Andika)

LAHAT, GLOBALPLANET - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat melaksanakan penguatan pemahaman kepemiluan kepada kaum disabilitas. Ketua Bawaslu Kabupaten Lahat, Andra Juarsyah menyebut kegitan tersebut bertujuan agar tersampainya hak dan kewajiban kaum disabilitas pada setiap tahapan pesta demokrasi.

Andra mengatakan, dukungan dari berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pengawasan pesta demokrasi. Karena, menurut dia, hal itu bukan hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu, melainkam semua berhak mengetahui dan mengawasi tahapan-tahapam pemilu, termasuk kaum disabilitas.

"Semua orang memiliki hak yang sama, boleh memilih dan dipilih, begitupun kaum disabilitas yang juga berhak menjadi peserta pemilu dan juga menjadi pemilih,"ujarnya, Jumat (14/10/2022).

Melalui penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas ini, selain tersosialisasinya hak dan kewajiban kaum disabilitas pada setiap tahapan pesta demokrasi. Bai pemilu serentak dan pilkada serentak 2024, juga  adanya pemahaman terkait regulasi pengawasan tahapan pemilu. "Serta ada peran aktif atau partisipasi pengawasaan dari kaum disabilitas yang ada di Kabupaten Lahat," sampainya.

Share

Ads