loader

Ratusan Calon Panwascam OKI Ikuti Tes Wawancara

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), melakukan tes wawancara peserta Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan yang sebelumnya telah diyatakan lulus tes tertulis.

Saat diwawancarai Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi, A.Ag., M.Pd.i menjelaskan, pada tes wawancara di hari pertama ini ada 118 orang peserta dari 18 kecamatan se Kabupaten OKI. Dan, pelaksanaanya dilakukan hingga tanggal 23 Oktober 2022.

“Nantinya, dari 118 peserta yang mengikuti tes wawancara hari ini kita ambil tiga besar, jadi sekitar 54 orang terpilih sebagai Panwaslu Kecamatan,” ungkapnya, Kamis (20/10).

Lanjutnya, untuk tim penguji tes wawancara sendiri, semua dari komisioner Bawaslu OKI, sebanyak lima orang.

Harapannya, tes wawancara ini berlangsung dengan baik, sehingga mendapatkan Panwaslu Kecamatan yang profesional dan mampu menjalankan tugas dengan jujur, adil serta memiliki kemampuan juga kecerdasan. Selain itu, mampu mengawasi pelaksanaan dan tahapan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang dengan baik dan tegas.

“Sampai hari ini kita sudah melakukan seleksi seluruh peserta, kita juga sudah mengonfimasi partai politik dan KPU jika ada peserta yang tergabung di dalamnya. Alhamdulillah, seluruh peserta yang tes wawancara hari ini tidak ada yang terlibat dengan partai politik. Jadi yang nantinya terpilih bisa bekerja dengan baik tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” ungkapnya.

Muhammad Kafrowi, S.T, Komisioner Bawaslu OKI, menambahkan, setelah tes wawancara ini, ada tanggapan dari masyarakat. Jika ada keluhan dan lainnya dengan peserta Panwaslu Kecamatan pada Pemilu Kecamatan serentak tahun 2021 diharapkan dapat menyampaikannya kepada Bawaslu OKI.

“Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, jadi ada masyarakat memberitahu kita (Bawaslu OKI) kalau ada peserta yang lulus tes tertulis, salah satu kepala desa. Namun setelah kita cek ternyata hanya kesamaan nama saja,” ujarnya. Sembari mengatakan kalau tahapan tanggapan masyarakat hingga 26 Oktober 2022.

Share

Ads