loader

Dua Incumbant Pilkades Prabumulih Tak Tergoyahkan

Foto

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Pemilihan Kepala Desa (KADES) serentak di desa meliputi Desa Talang Batu dan Desa Rambang Senuling, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) Kota Prabumulih pada Rabu (26/10/2022) berlangsung aman dan kondusif hingga akhir. Dua Dua petahana berhasil meraih suara terbanyak.

Desa Talang Batu dimenangi Sahril Kanedi dengan perolehan sebanyak 314 suara mengungguli 4 Cakades lainnya. Sedangkan, Desa Rambang Senuling dimenangi Rusman sebanyak 288 suara mengalahkan 1 Cakades lainnya.

Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (PMD) Prabumulih, A Fauzan Akmal SSTP MSi dikonfirmasi membenarkan hal itu. "Iya betul, dua kades pertahanan berhasil mendapatkan suara terbanyak dari calon lain. Talang Batu masih Sahril Kanedi sebanyak 314 suara dan Rambang Senuling juga masih Rusman sebanyak 288 suara", ujar.

Usai Pilkades Serentak 2022, Tim 7 langsung menetapkan kades terpilih. Dan, DPD akan melaporkan hasil Pilkades Serentak 2022 kepada DPMD Prabumulih. “Pelantikan kades terpilih, kita jadwalkan pada 30 November kalau tidak ada perubahan,” terangnya.

Sementara, Kapolres Prabumulih, AKBP Witdiardi SIk MH didampingi Asisten I, Drs Aris Priadi SH MSi mengatakan, Pilkades Serentak 2022 di dua desa di Kecamatan RKT sejauh ini berjalan aman dan kondusif. “Semua warga punya hak pilih, telah menyalurkan hak suaranya di masing-masing TPS,” sebut Witdiardi.

Ungkapnya, menyebar ratusan personel guna pengamanan Pilkades Serentak di dua desa di Kecamatan RKT tersebut. “Kerawanan terkait Pilkades Serentak 2022 ini, sudah kita petakan dan antisipasi sehingga berjalan lancar dan aman hingga akhir. Sebelumnya, juga telah penandatangan siap kalah dan siap menang,” tegasnya.

Senada yang diungkapkan Asisten I, Drs Aris Priadi SH MSi meninjau langsung pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 menyatakan, situasinya berjalan aman dan lancar. “Warga telah menyalurkan hak pilihnya, sesuai kehendaknya tanpa adanya intervensi dari pihak mana pun,” ucap Aris.

Masih kata dia, berterima kasih atas dukungan pihak terkait atau instansi vertikal dalam pengamanan Pilkades Serentak 2022 ini. Sehingga, bisa berjalan baik dan tanpa kendala. “Yang menang gandeng yang kalah, yang kalah bangun desa bersama yang menang,” pungkasnya. 

Kades terpilih Rusman Yusuf ketikan dibincangi menyebutkan, "alhamdulillah masyarakat masih mempercayai saya untuk menjadi pemimpin di Desa ini, dan ini adalah amanah bagi saya", ucapnya.

Jabatan adalah amanah, ketika kita terpilih, apa yang bisa diberikan kepada warga, minimal dalam satu tahun bisa menyelesaikan permasalahan warga.

“Terakhir, usai dilantik nanti, saya  tentunya akan melanjutkan program yang belum selesai. Dan bagi kandidat ikut bersaing mari kita bangun desa ini bersama-sama untuk memajukan lebih baik lagi,” tutupnya.

Share

Ads