loader

RK Masuk Golkar, Modal 2 Periode di Jabar hingga Peluang Jadi Cawapres

Foto
Ridwal Kamil resmi masuk Partai Golkar. (Foto: Dok/Partai Golkar)

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menarik melihat perkembangan Partai Golkar terutama masuknya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat. Dari sisi politik tentunya berdampak positif baik bagi Partai Golkar maupun Ridwan Kamil.

Bergabungnya, Gubernur Jawa Barat ke Partai Golkar tentu menjadi modal elektoral partai besutan orde baru ini dalam menghadapi Pemilu 2024. 

"Harapannya, masuknya RK bisa menambah daya gedor Golkar dalam memenangkan Pemilu 2024 dari berbagai dapil di Jawa Barat," ungkap Direktur Wilayah Sumsel Public Trust Institute Fatkurohman, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya, pada pemilu 2019 lalu Golkar harus puas di posisi 4 perolehan suara di Jawa Barat.  Data yang dihimpun, hasil pemilu legislatif 2019, Partai Gerindra unggul dengan perolehan suara 4.320.050. Kemudian PDI Perjuangan dengan perolehan 3.510.525 suara serta di urutan ketiga PKS mendapat 3.286.606 suara.

"Ketokohan Ridwan Kamil tentu harapan besar Partai Golkar untuk merebut posisi puncak 2024 di Jabar sebagai salah satu provinsi penentu kemenangan secara nasional," kata Alumni Sosiologi FISIP Unsri ini.

Sementara bagi Ridwan Kamil, dikatakan Bung FK juga menjadi seksi secara politik menghadapi Pilpres 2024 akan datang. "Dengan masuknya RK ke Golkar, berpeluang menjadi cawapres potensial terutama dari poros KIB," terangnya.

Jikapun gagal di pentas Pilpres juga bisa menjadi modal politik RK untuk gubernur periode kedua. "Sebagai seorang politisi, tentunnya sudah menghitung secara politik atas keputusannya masuk ke Partai Golkar," kata Bung FK.

Share

Ads