loader

Resep Pindang Ikan Gabus Tanpa Jahe

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pindang ikan gabus adalah salah satu dari varian menu pindang yang cukup digemari karena dagingnya yang lembut. Bagi siapapun penikmat sajian pindang pasti pernah mencicipinya.

Bagi pecinta kuliner yang ingin mencoba memasak pindang ikan gabus di rumah, hanya membutuhkan sekitar 20-35 menit hingga tekstur daging ikan lembut dan tercampur bumbu kuah yang sebelumnya telah diblender. Nah, apa saja bahan dan bagaimana proses pembuatannya? Pemilik Umi Abi Resto akan membagikan infonya.

Menurut Eka Yunalia, pemilik Umi Abi Resto di Jalan AKBP H Umar, Nomor 598 RT 22 Km 5, Kecamatan Ario Kemuning Kota Palembang, kunci utama memasak pindang ikan gabus harus mempersiapkan kunyit. Karena kunyit dapat membantu menghilangkan bau anyir atau amis dari ikan gabus yang direbus.

"Cara memasaknya gampang karena bahan-bahannya juga mudah didapat. Apalagi ikan gabus, soalnya ikan ini hidup di air tawar dan Palembang kan mayoritas kota sungai air tawar," kata Eka, Minggu (4/10/2020).

Selain mengenyangkan dan menjadi lauk pauk, menyantap pindang ikan gabus lebih enak dinikmati bersama nasi pada waktu makan pagi, siang atapun malam hari. Karena pindang ikan gabus bermanfaat baik bagi tubuh yakni menyehatkan. Apalagi bumbu kaldu dari rempah-rempah dapat menjadi obat tradisional.

Dia menambahkan, ia sering membuat pesanan masakan untuk kegiatan undangan, sedekah atau acara keluarga.

"Sehat karena kuahnya bumbu rempah, biasa pindang ikan gabus dijual seporsi Rp30-35 ribu sekaligus menu paket ketring makanan khas Palembang lain, seperti mie celor, pempek, model, tekwan dan lain-lain yang kalau mau pesen bisa via WhatsApp 082177861165," jelasnya.

Bedanya, Pindang ikan gabus ala Umi Abi Resto dimasak tanpa bahan jahe. Namun, jelas Eka, rata-rata resep pindang ikan gabus menambahkan jahe sebagai bahan rempah.

"Kalau saya engga pake (jahe), kunyitnya tetep karena untuk mengurangi amis ikan," tandasnya.

Berikut resep dan bahan membuat pindang ikan gabus ala Umi Abi Resto

Toping

1. Cabe burung

2. Nanas

3. Cabe merah

4. Kemangi

5. Tomat

6. Daun bawang

Bahan:

Ikang gabus, bawang merah, laos, daun salam, nanas, serai, asam jawa, terasi sangrai, penyedap rasa, garam, kunyit (menghilangkan amis), gula pasir dan kecap manis

Cara membuat:

1. Blender bawang, laos, serai dan kunyit dan campur air secukupnya sampai bumbu halus

2. Rebus ikan gabus dalam panci lalu campurkan bumbu halus yang sudah diblender

3. Setelah itu baru haluskan nanas untuk dituang dalam rebusan ikan gabus

4. Kemudian tuang asam jawa yang sudah dicairkan, untuk menambah aroma

5. Masukkan ke rebusan bahan terasi sangrai, taburkan garam dan gula pasir serta penyedap bila selera secukupnya

6. Dan terakhir tambahkan daun salam agar aroma lebih kuat dan tunggu pindang ikan gabus masak hingga 20-35 menit.

7. Setelah matang pindang ikan gabus siap tersaji, tambahkan toping yang telah dipotong-potong dan menu silakan disantap.

Share

Ads