loader

Dekranasda Sumsel Jajaki Kerja Sama Pelatihan Souvenir dengan Jabar

Foto
Ketua Dekranasda Sumsel Feby Deru berkunjung ke Jabar. (Foto: Humas Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumsel menjajaki peluang kerja sama kerajinan bordir dengan Dekranasda Jawa Barat (Jabar). Penjajakan diawali dengan kunjungan Ketua Dekranasda Sumsel Hj Febrita Lustia HD (Feby Deru) beserta jajaran ke Dekranasda Jabar.

"Kunjungan ini dimaksudkan untuk menjajaki peluang kerjasama dengan Dekranasda Jabar. Kita ketahui kota Tasikmalaya merupakan sentra industri kerajinan bordir dan anyaman. Beragam produksi baik keperluan sehari-hari ataupun suvenir tak lepas dari bordir,” kata Feby di Tasikmalaya Jabar, Rabu (10/8).

Kerja sama itu rencananya lanjut Feby akan diwujudkan dalam bentuk pemberian pelatihan bagi para perajin Sumsel untuk belajar meningkatkan keahlian membordir.

"Kita akan kirim perajin untuk belajar ke sini (Tasikmalaya) atau sebaliknya akan dikirim pelatih dari Dekranasda Jabar ke Sumsel untuk membagi ilmunya kepada para perajin kita. Untuk teknisnya seperti apa, nanti akan kita diskusikan lagi. Paling tidak selambat-lambatnya tahun depan segera kita laksanakan," jelas Feby.

Menurutnya keahlian membordir para perajin kain di Sumsel cukup baik, namun demikian ia menginginkan agar skill para perajin makin membaik dan semakin rapi jahitannya.

Share

Ads