loader

Hadapi Bencana Banjir, Pemkab PALI Bentuk Tim Lintas Sektor

Foto

PALI, GLOBALPLANET - Tim tersebut terdiri dari Badan Penanggulangan Bencanan (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan. Rabu (29/1/2020) tim tersebut langsung terjun dengan dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) PALI Syahron Nazil SH, dengan menggunakan perahu dayung menghampiri satu persatu rumah warga yang terkena banjir, yang ada di Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang.

"Paling parah terkena imbas banjir adalah Desa Curup Kecamatan Tanah Abang. Kita tinjau bersama OPD terkait, diantaranya BPBD, Dinsos dan Dinkes serta Satpol-PP, jadi kita kerjanya tidak persial melainkan kerja tim sesuai fungsi masing-masing," kata Sekda, Rabu (29/1/2020).

Langkah awal Pemkab PALI menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Tanah Abang disebutkan Sekda adalah mengupayakan keselamatan warga. "Kita pantau kesehatannya, dan mengevakuasi warga apabila air terus naik. Intinya langkah awal saat ini mengutamakan keselamatan warga," tukasnya.

Diakui Sekda bahwa imbas banjir sudah ada beberapa keluarga yang telah mengungsi, namun sebagian besar masih bertahan di rumahnya masing-masing.

"Kita dirikan posko, dan langkah selanjutnya kita tengah lakukan kajian termasuk untuk atasi banjir yang biasa di alami warga Desa Curup pada khususnya," tandasnya.

Sementara itu, Junaidi Anuar Kepala BPBD PALI menyebutkan ada enam desa di Kecamatan Tanah Abang yang terendam banjir. "Memang paling parah Desa Curup, karena posisi desa tersebut paling rendah diantara desa-desa lainnya yang ada di pinggiran Sungai Lematang. Banjir ini akibat Sungai Lematang meluap karena intensitas hujan cukup tinggi," katanya.

Share

Ads