loader

Mengenal Tari Dundang, Kesenian Tradisional dari Sekitar Candi Bumi Ayu Kabupaten PALI

Foto
Tari Dundang dari Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). (Foto: Eko Jurianto)

PALI, GLOBALPLANET - Desa Bumi Ayu yang terletak di Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), memiliki salah satu situs bersejarah yaitu Candi Bumi Ayu yang Kelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi. 

Hal inilah yang menjadikan Desa Bumi Ayu sebagai salah satu dari 369 desa pemajuan kebudayaan desa Tahun 2021 dalam Program Kemendikbudristek Dirjen Kebudayaan, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan.

Program tersebut bertujuan untuk menggali segala potensi budaya desa mulai dari kesenian, kerajinan, kuliner tradisional, permainan tradisional, tradisi lisan dan lain sebagainya. 
Setelah ditetapkan sebagai desa pemajuan kebudayaan, Desa Bumi Ayu memilih Arli Firgianto, sebagai Pendamping Desa (Daya Desa) dalam program Pemajuan Kebudayaan Desa yang mempunyai 3 tahapan yaitu, tahap temu kenali, tahan pengembangan, dan tahap pemanfaatan.

"Tahap temu kenali adalah tahap seluruh potensi nilai budaya yang ada di desa dicari baik yang masih ada di tengah masyarakat maupun yang sudah tidak terpakai di masyarakat atau punah," jelas Arli Firgianto, Rabu (24/11/2021)

Sedangkan untuk tahap pengembangan jelas pria penggiat kebudayaan ini, adalah tahap seluruh potensi yang telah ditemukan dijadikan prioritas untuk kembangkan dan dimanfaatkan agar tetap lestari atau hidup kembali.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler