loader

Rakor Sensus, BPS Jadikan Sumsel Role Model Membangun Data dari Desa

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Badan Pusat Statistik mengapresiasi dukungan Pemprov Sumsel dalam menyukseskan pendataan sensus penduduk dari desa. Deputi Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Eng Iman Machdi menyampaikan itu dalam rakor sensus penduduk 2020 lanjutan di Palembang, Senin (23/5/2022). 

"Mari kita sama - sama membangun data dari desa. BPS bersama Pemprov Sumsel dan instansi terkait maka membangun data dari desa ini dapat diperlukan," katanya.
 
Apalagi lanjut dia, inisiatif Gubernur dan Wagub menurutnya sangat luar biasa. Bahkan dia menilai Sumsel yang pertama membangun data dari desa hal ini dapat menjadi role model untuk provinsi yang lain.
 
“Yang telah dilakukan Pemerintah provinsi Sumatera Selatan ini sangat luar biasa dan akan kita jadikan sebagai role model untuk provinsi yang lain,” tandasnya.

Wagub Mawardi Yahya saat membuka rakor ini menegaskan, program yang dilakukan terkait data sensus penduduk sangat penting dalam mendukung pembangunan Sumsel seperti potensi ekonomi, kehidupan dan kesejahteraan di desa dengan data yang ril.
 
Untuk itu kata Wagub saat inilah para petugas BPS untuk mendapatkan data yang valid. Karena itu dia minta kerjasama dan kolaborasi yang baik antara BPS dan Dinas terkait sangat penting.

 
"Kita harap juga untuk menyukseskan ini agar Bupati/ Walikota untuk memantau langsung didalam pendataan di desa," ucapnya.
 
Tak hanya itu, data yang valid itu juga sangat berguna bagi para investor untuk mereka bisa berinvestasi di Sumsel.
 
"Data BPS ini juga penting untuk para pengusaha agar mereka yakin berinventasi. Mari kita lakukan data yang baik dan jelas, apalagi Sumsel miliki potensi luar biasa, kita lumbung pangan dan lumbung energi," terang Wagub.
 
Di tempat yang sama Kepala BPS Provinsi Sumsel Zulkifli mengatakan Tahun 2020 BPS mempunyai pekerjaan besar yakni melaksanakan sensus penduduk 2020 lanjutan, sensus ini merupakan lanjutan sensus online yang pernah membawa kesuksesan bagi Sumsel.
 
Keberhasilan sensus penduduk online yang pernah menetapkan Sumsel terbaik di Sumatera dan nomor dua terbaik nasional. Hal itu tidak lepas dari dukungan guberur dan wagub serta stakeholder.
 
"Dalam sensus 2020 kita akan kembali melihat parameter yang akan nantinya akan digunakan  oleh Pemerintah Sumsel, akademisi dalam perencanaan sehingga nantinya dilakukan untuk mendukung penurunan angka kemiskinan dan stunting.

Share

Ads