loader

Gubernur Sumsel Kenalkan Gerakan Unggulan di Depan Deputi Bank Indonesia

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Selain menyaksikan pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel yang baru, Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga berkesempatan menjadi salah satu pembicara dalam acara Leaders Talk " Digitalization On Payment System" yang digelar Bank Indonesia di Hotel Aryaduta, Jumat (10/6) pagi.

Herman Deru menjadi pembicara bersama Deputi Bank Indonesia Dodi Budi Waluyo.  Dalam paparannya Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengungkapkan bahwa Pemprov Sumsel sejatinya sangat mendukung percepatan terwujudnya digitalisasi keuangan di Sumsel. Namun demikian selama ini diakuinya digitalisasi keuangan di Sumsel ini masih kerap terkendala  sinyal dari provider. 

Selama ini dijelaskannya sinyal di Sumsel masih kerap blankspot di beberapa wilayah kab/kota. Hal ini tak lain karena wilayah Sumsel yang memang luas sementara keberadaan BTS dari provider masih terbatas. "Kalau bicara digital kita ini ada masalah sinyak karena provider sejauh ini membangun BTS untuk daerah yang ramai. Ini menjadi kendala tersendiri. Untungnya untuk ATM beberapa perbankan sudah menggunakan satelit tersendiri," jelasnya. 

Karena itupula Iapun berharap setiap program yang didengungkan dapat terintegrasi dengan program satuan kerja lainnya. 
"Kita akan dorong Bupati/Wako di Sumsel membantu BI mensosialisasikan agar digitalisasi transaksi ini cepat terwujud," jelasnya. 

Lebih jauh Herman Deru juga mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil survei yang disampaikan OJK beberapa waktu lalu literasi perbankan di Sumsel terus membaik. Hal ini tentu tak lepas karena sosialisasi yang luar biasa yang telah dilakukan BI. 

Tak hanya membahas digitalisasi transkasi, dalam kesempatan itu Ia juga mengatakan bahwa inflasi Sumsel yang terus terkendali. Hal itu menurutnya salah satunya dipicu Program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang diluncurkan Pemprov Sumsel akhir 2021 lalu. 

Dengan gerakan menanam sejumlah kebutuhan dapur di pekarangan rumah, serta beternak masyarakat mulai mandiri memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

"Dengan gerakan SMP kita buat kemandirian masyarakat dan mengubah mindset yang tadinya membeli jadi menghasilkan sendiri pangannya. Sehingga menjelang puasa kemarin Alhamdulillah tidak terjadi kenaikan harga signifikan pada beberapa bahan kebutuhan dapur, seperti cabai dan lainnya," jelasnya. 

Sementara itu kepada Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumsel yang baru dikukuhkan, Herman Deru juga mengucapkan selamat. Ia berharap semakin terjalin sinergitas yang kuat seperti sebelumnya antara Pemprov- BI. 

Share

Ads