loader

Ada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Masyarakat Diminta Hindari Jalan Mayor Zen

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro berlangsung selama dua 3-4 Februari 2023. Satlantas Polrestabes Palembang mengimbau masyarakat sementara waktu tidak melintas di Jalan Mayor Zen, hingga simpang Pusri, Kecamatan Kalidoni, dan sekitarnya.

Masyarakat diminta mengambil jalan alternatif lainnya, untuk menghindari kemacetan selama perayaan berlangsung.

Kasat Lantas Polrestabes Palembang, AKBP Rendy Surya Aditama melalui Kasubnit Ditmas Lantas Polrestabes Palembang, Aiptu M Muhtasor mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan masyarakat sebisanya mencari jalan alternatif.

"Jadi kita menghimbau bagi masyarakat dari pasar Lemabang Jalan Re Martadinata, dan dari Jalan Residen A Rozak simpang Celentang, untuk menghindari Jalan Mayor Zen hingga simpang Pusri Kecamatan Kalidoni dan sekitarnya, karena akan ada perayaan keagamaan tersebut," jelasnya, Jumat (3/2/2023).

Lanjutnya, jalan alternatif ini membuat masyarakat dapat menghindari kemacetan panjang di Jalan Mayor Zen. "Masyarakat akan datang ke Pulau Kemaro dari manapun sehingga memadati jalan, makanya banyak jalan alternatif bagi masyarakat sehingga tidak terjebak kemacetan selama perayaan keagamaan ini," ujarnya. 

Aiptu M Muhtasor mengatakan pihaknya juga sudah menghimbau di media sosial (medsos) agar masyarakat mengetahui dan tidak kaget lagi dengan adanya himbauan yang diberikan kepada mereka.

"Tidak hanya dari Palembang tapi juga warga Thionghoa dari luar diprediksikan akan memadati kegiatan Cap Go Meh di Pulau Kemaro," ungkapnya.

Sedangkan untuk jalan akses ke Pulau Kemaro sendiri, sudah disiapkan jembatan ponton dari kawasan Intirub, Kecamatan Kalidoni, Palembang. "Dalam perayaan ini untuk area parkir sudah disediakan oleh pihak penyelenggara sehingga para pejalan kaki, dapat tenang untuk permasalahan tersebut," katanya. 

Untuk keamanannya panitia sudah berkoordinasi mengenai keamanan kendaraan hingga mengatur lalu lintas, begitu juga saat menyeberang ada petugas yang mengawasi agar tidak terjadi penumpukan massa. 

"Akses ke Pulau Kemaro juga bisa menggunakan Tongkang dari Dermaga 16 Ilir, Kota Palembang. Panitia sendiri sudah menyiapkan Tongkang yang akan membawa pengunjung ke Pulau Kemaro," pungkasnya. 

Share

Ads