loader

Kunjungi Kebun Anggur, Ketua PKK PALI Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Foto

PALI, GLOBALPLANET.news - Istri Penjabat Bupati PALI DR H Rosidin Hasan ini, mengajak masyarakat yang ada di Bumi Serepat Serasan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman sayuran atau buah-buahan yang dapat menopang perekonomian keluarga. 

"Banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk bisa menghasilkan uang. Salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah, contoh tanaman anggur yang skala rumahan bisa kita tanam di depan rumah atau samping rumah. Selain dapat menjadi tanaman hias, juga buah anggur bisa dikonsumsi atau bahkan bisa dijual untuk tambahan pemasukan ekonomi keluarga," ucap Hj Elly Ismiani. 

Ditambahkan Elly, banyak cara dalam meningkatkan perekonomian keluarga kalau masyarakat mau. "Jangan hanya terpaku pada hasil kebun karet saja. Luangkan waktu selepas pulang dari kebun karet untuk bercocok tanam. Hasilnya minimal kita konsumsi sendiri," ajaknya. 

Sementara itu, Arida pemilik kebun anggur Desa Persiapan Jerambah Besi mengaku, bukan hanya buah anggur yang bisa dijual, tetapi bibit juga daunnya bisa mengasilkan uang. 

"Bibit anggur yang lebih menjanjikan, karena banyak yang mesan, bahkan pemesan harus rela menunggu setelah melihat buah anggur yang lebat. Mengembangkan tanaman anggur cukup mudah dan cocok ditanam di PALI," kata dia.

"Pengalaman kami dalam satu batang, bisa menghasilkan 10 kg buah anggur, dimana kita jual Rp 100 ribu/kg. Anggur di PALI tidak kenal musim dan bisa berbuah kapan pun," terangnya.

Share

Ads