Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas Operator Aplikasi Situng saat mengikuti simulasi beberapa waktu lalu. (Foto: dok/Amarullah Diansyah)

15 April 2019 20:22:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - KPU Muba, Sumsel berencana menempatkan atau menyebarkan operator Aplikasi Sisten Informasi Penghitungan (Situng) di tujuh lokasi yang ada di Bumi Serasan Sekate.

Para operator ini, sebelum menjalankan tugasnya, terlebih dahulu mendapatkan pelatihan atau bimbingan teknis, agar proses yang berlangsung dapat berjalan dengan baik dan benar, sehingga memudahkan penghitungan suara.

"Uji coba Situng tahap satu dan tahap dua sudah dilakukan beberapa waktu lalu, hasilnya seluruh petugas bisa menggunakanya. Uji coba dimaksudkan untuk mematangkan persiapan sarana prasarana, seperti perangkat yang dimiliki dan sumber daya manusia yang ada di KPU Muba,” ujar Komisiner KPU Muba Divisi Komisioner Teknis dan Penyelenggaraan, Khoirul Anam, Senin (15/4/2019).

Adapun jumlah tenaga atau operator Situng yang disiapkan sebanyak 25 orang yang nantinya disebar di tujuh titik, yakni Kecamatan Sekayu, Sanga Desa, Babat Supat, Sungai Lilin, dan Tungkal Jaya, Bayung Lencir serta Lalan.

“Hal ini dijalankan sesuai dengan surat edaran KPU RI No 653. Jadi operator KPU Muba nantinya diberikan 5x24 jam untuk bekerja setelah hari pemilihan dan penghitungan di tingkat TPS dan PPS,” terang dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, operator bertugas melakukan entri dan pindai salinan formulir C KPU Model C1 PPWP, Model C1 DPR, Model C1 DPD, dan Model C1 DPRD Provinsi, kemudian Model C1 DPRD Kabupaten/kota.

“Setelah entri dan pindai data tersebut nantinya hasilnya langsung di kirim ke KPU RI atau pusat, yang langsung muncul di wibesite KPU RI,” kata dia.

Dengan adanya aplikasi Situng, sambung dia, dapat menjadi data pembanding dari hasil pleno manual, kemudian petugas di lapangan melakukan scan data tersebut yang langsung terkirim ke pusat.

“Artinya, bisa melihat langsung hasil penghitungan suara sementara, namun Situng ini bekerjanya di operator KPU RI. Harapanya petugas Situng nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 238