Berita :: GLOBALPLANET.news

Sebagian peserta Heritage Walk saat berada di rumah singgah Soekarno 2 Ulu Palembang. (Foto: Nadia Elrani)

21 Juli 2018 18:25:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Heritage Walk (HW) Palembang Vol 6 yang diadakan komunitas Sahabat Cagar Budaya dan UIN Raden Fatah Palembang merupakan kegiatan menelusuri tempat-tempat bersejarah di Palembang.

Kali ini rombongan HW mengunjungi rumah singgah dan rumah inap Bung Karno yang pada saat itu hendak ke Jakarta dari tempat pembuangannya di Bengkulu dan Goedang Boentjit yang merupakan gudang bersejarah Kopi Arabika paling besar di suku Melayu, Sabtu (21/7/2018).

Biasanya mereka akan berjalan kaki saat berkunjung, tapi kali ini mereka menyeberangi Sungai Musi menggunakan perahu kayu untuk menuju Kampung Perigi Laut di 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I Palembang. Selain dimaksudkan untuk mengexplore sejarah, acara ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat kaula muda dalam melestarikan peninggalan sejarah dan budaya yang ada di Palembang.

Ketua Pelaksana, Anita Restu Puji Raharjeng mengatakan, bahwa kegiatan ini tidak memungut biaya sepeserpun dari peserta yang mendaftar. "Acara ini gratis karena dibiayai secara mandiri oleh komunitas Sahabat Cagar Budaya dengan anggaran yang bersumber dari Dinas Pariwisata Kota Palembang, jadi siapa saja boleh ikut jika kuota belum penuh," ujar Dosen Biologi UIN Raden Fatah Palembang ini.

Salah satu peserta bernama Adika Nosa mengatakan, bahwa dirinya sangat antusias mengikuti Heritage Walk kali ini. "Acara ini sangat seru sekali karena saya dapat mengenang kembali sejarah, kebudayaan, adat istiadat yang ada di Palembang. Salah satunya di rumah singgah Soekarno ini dimana dari penataan bentuk rumah sampai tata ruangnya penuh dengan makna dan filosofi yg mendalam," jelasnya.

Reporter : Nadia Elrani Editor : M.Rohali 645