Berita :: GLOBALPLANET.news

Ratusan warga ramai mengikuti kegiatan layanan kesehatan dan penyuluhan kesehatan gratis yang diberikan dr Murwani Emasrissa Latifah di Desa Karya Mulya, Kecamatan RKT, akhir pekan ini. (Foto: Hardoko Susanto)

23 September 2018 16:37:02 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Kesehatan merupakan bagian terpenting, makanya putri sulung Ir H Ridho Yahya MM. dr Murwani Emasrissa Latifah mengajak warga peduli kesehatan, karena menurutnya sehat itu mahal.

Apabila sakit, ujar dokter muda keluaran Universitas Sriwijaya (Unsri) tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengkampanyekan hidup sehat dan mengajak warga peduli kesehatan, ia pun rela menyambangi kampung-kampung untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis.

"Rissa jadi dokter bercita-cita sejak kecil, biar bisa bantu orang lain. Makanya, sebelum terlambat. Makanya, harus peduli kesehatan. Sudah tidak sakit. Karena penyakit bisa dicegah," ujar perempuan yang lulus dengan predikat summa cum laude dengan IPK 3,80 di sela-sela layanan dan penyuluhan kesehatan bersama warga Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT).

Rata-rata penyakit yang sering diidap warga, yaitu gejala tekanan darah tinggi, diabetes, dan lainnya. "Lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Makanya, jaga kesehatan jangan sampai sakit. Rutin cek tekanan darah dan cek gula darah. Untuk menghindari penyakit darah tinggi dan penyakit gula (diabetes, red)," ujar sulung dari tiga bersaudara ini.

Dikatakan dia, layanan kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan yang diberikan bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat. "Agar rutin memeriksakan kesehatan dan menjaga kesehatannya, untuk melakukan pencegahan dan mengantisipasi penyakit yang menyerang," bebernya.

Kepala Desa (Kades), Miril Firacha menerangkan, sangat berterima kasih ada yang peduli kepada warganya. Selain memberikan layanan kesehatan gratis, juga memberikan penyuluhan kesehatan.

"Antusias warga kita mengikuti layanan kesehatan gratis dan penyuluhan sangat besar, terlihat banyaknya warga yang hadir dan memeriksakan kesehatannya," kata Miril.

Nah, layanan kesehatan dan penyuluhan kesehatan yang diberikan. Menurutnya, sangat bermanfaat bagi warganya. "Ajakan peduli kesehatan, jelas akan disambut positif warga," tandasnya.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : Agus Rizal 1693