Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala DPMD OKI, Hj Nursula S.Sos. (Foto: Ist)

26 September 2018 17:01:25 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Sebanyak 102 desa yang tersebar di 18 Kecematan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), akan menggelar pemilihan kades serentak pada tahun 2019 mendatang.

Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) masih melakukan persiapan karena tahapannya mulai digelar pada awal tahun depan. "Ini merupakan angkatan terakhir Pilkades serentak," kata Kepala DPMD OKI, Hj Nursula S.Sos melalui Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan, Fauzan mengatakan, Rabu (26/9/2018).

Masih kata dia, sengaja dilakukan setelah Pileg dan Pilpres kalau tidak berubah November tahun depan, karena ada tujuh kades yang masa jabatannya akan berakhir pada awal 2020 sehingga pelaksanaannya dibarengkan dengan Pilkades serentak.

Kalau melihat proses pelaksanaan tidak akan berubah seperti yang sudah dilakukan tapi pelaksanakannya akan dilakukan sejak awal agar proses pemilu nanti berlangsung lancar. Tahapannya mulai dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa sesuai proses yang dijalankan.

Sementara itu, Camat Sirah Pulau Padang, Herliansyah Hillaludin SSTP, MSi menambahkan, ada delapan desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak yakni Desa Batu Ampar baru, Terusan Laut, Mangun Jaya, Rengas Pitu, Pantai, Penyandingan, Sukaraja dan termasuk juga Desa Serdang Menang.

Satu desa seperti di Serdang Menang baru saja di ganti PJS karena kadesnya mengundurkan diri untuk mengikuti pileg 2019. "Pelaksanaan Pilkades serentak nanti juga akan dikawal agar bisa berjalan sesuai harapan," imbuhnya.

Karena ini melibatkan masyarakat dan yang menentukan juga masyarakat, kedepannya sama seperti Pilkada hanya saja lingkupnya di desa.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 429