Berita :: GLOBALPLANET.news

Salah satu kendaraan yang sedang mengikuti uji emisi gas buang di Jalan Demang Lebar Daun, Selasa (9/10/2018). (Foto: Rachmat Kurniawan)

09 Oktober 2018 11:50:07 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Palembang menggelar uji emisi gas buang kendaraan di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Selasa (9/10/2018). Pengujian emisi gas ini dilakukan kepada kendaraan roda empat yang melintas.

"Maksud kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kualitas lingkungan dan bagaimana kinerja pengawasan pencemaran udara dari bidang transportasi," ujar Henny Kurniawati Kepala bidang pengendalian, pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup DLHK Kota Palembang.

Untuk itu ia mengimbau bagi pemilik kendaraan baik roda empat maupun roda dua agar lebih rutin service di bengkel, guna membantu menjaga kualitas udara kota Palembang.

Dikatakannya, selain uji emisi gas buang, ada pula agenda Road side yaitu pemantauan kualitas udara jalan raya dan Traffic Counting atau kinerja lalulintas yang berlangsung di Jalan Residen A Rozak.

"Uji emisi sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi kendaraan. Selain itu agar kualitas udara di Palembang tetap terjaga," imbuhnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai 9 - 10 Oktober 2018. Pihaknya menargetkan 2000 kendaraan yang terdata melakukan uji emisi gas kendaraan roda empat, sementara target dari Kementrian Lingkungan Hidup adalah 1500 kendaraan.

"Kegiatan Uji Emisi Gas, Roadside dan Traffic Counting akan dilakukan secara bergilir di Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Residen A Rozak, dan Jalan Ahmad Yani. Besok uji emisi gas kita gelar di Jalan Residen A Rozak," tuturnya.

Adam (23), salah satu pemilik kendaraan mengaku baru pertama kali ikut serta. "Baru pertama kali kendaraan uji emisi, alhamdulilah lolos juga," ujarnya.

Adam mengakui sebelumnya enggan melakukan uji emisi kendaraannya, karena belum tahu tujuannya. “Ternyata tujuannya bagus sekali untuk memantau kualitas udara kita," pungkasnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 89