Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Disdukcapil kabupaten PALI Rismaliza. (foto: eko jurianto)

09 Oktober 2018 17:16:41 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, sangat penting untuk persyaratan pendaftaran sekolah di suatu kabupaten/kota dan melakukan transaksi keuangan di dunia perbankan dan PT Pos Indonesia.

Dinas Kependidukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) terus mendorong masyarakat agar mengurus KIA bagi anaknya.

Menurut Kepala Disdukcapil kabupaten PALI Rismaliza, bahwa manfaat KIA selain sebagai identitas diri, juga untuk pelayanan kesehatan di puskesmas dan atau di rumah sakit.

"Manfaat lainnya adalah untuk pembuatan dokumen keimigrasian. Untuk mengurus klaim santunan kematian bagi pemegang KIA yang masih berlaku. Untuk mencegah terjadinya perdagangan anak, untuk berbagia keperluan lain yang membutuhkan bukti diri berupa identitas bagi bagi anak yang berdomisili di Kabupaten /kota, tentunya sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat," jelas Rismaliza, Selasa (9/10/2018).

Sejak di-launching 12 April 2017 lalu, pihaknya menyebutkan saat ini dari jumlah anak yang terdata 56.485 sudah tercetak 28.427 KIA.

"Target kita sampai 2018 ini 50 persen, tetapi kita sudah melampauinya, karena saat ini sudah 50,32 persen KIA dicetak. Namun, kita terus sosialisasikan dan kita lakukan jemput bola agar seluruh anak di PALI memiliki KIA," tukasnya.

 

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 288