Berita :: GLOBALPLANET.news

Pelaku (tidak memakai baju) saat diamankan Tim Rajawali Polres Muara Enim pimpinan Kanit Pidum Iptu Rusli SH MH, pada Jumat (12/10/2018) sekitar pukul 03.00 WIB. (Foto: Ist)

12 Oktober 2018 13:15:54 WIB

MUARAENIM, GLOBALPLANET - Tersangka Muksin alias Usin (25) warga dusun I desa Lubuk Mumpe, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim sudah 2 tahun 7 bulan jadi buronan Polisi karena terliabt aksi pencurian sepeda motor di halaman mapolsek Gunung Megang, pada Senin (15/2/2016) lalu.

Muksin ditetapkan sebagai DPO setelah sebelumnya Polisi berhasil meringkus temannya Asep (sudah menjalani proses hukum). Berdasarkan pengakuan Asep, mereka berdua telah mencuri motor di halaman parkir mapolsek Gunung Megang.

Penangkapan tersangka dipimpin langsung Kanit Pidum Polres Muara Enim IPTU Rusli SH, MH, pada Jumat (12/10/2018) sekitar pukul 03.00 WIB di tempat persembunyiannya di sebuah gubuk Jalan Serpo Km 70, Dusun I Desa Lubuk Mumpo, Kecamatan Gunung Megang.

"Awalnya kita mendapatkan Informasi bahwa pelaku Usin berada di gubuk di Jalan yang menjadi tempat persembunyiaannya. Kemudian Tim Rajawali Langsung melakukan Penangkapan terhadap pelaku, saat dilakukan penggeledahan di gubuk tersebut, didapati juga Senjata Api Rakitan (Senpira) laras panjang berikut amunisi serta kunci T yang sering digunakan untuk beraksi," jelas Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono SH,SIK, MH melalui Kanit Pidum IPTU Rusli SH, MH, Jumat (12/10/2018).

Selanjutnya, jelas Rusli, Pelaku beserta barang bukti berupa satu pucuk Senpira, 60 (enam puluh) potongan besi pipa utk amunisi senpira, satu buah kunci "T", satu botol serbuk mesiu, satu buah tas, satu bilah senjata tajam jenis pisau yang di lapisi pipa yang kerap di gunakan pelaku untuk melakukan kejahatan.

"Pelaku juga kita kenakan dua ancaman yakni pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara maksimal 7 tahun, dan pasal 1 Ayat 1 Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman setinggi-tingginya 20 tahun penjara." pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa aksi tersangka yang nekat mencuri sepeda motor di kantor Polisi itu dilakukan Senin (15/2/2016) sekira pukul 02.00 WIB. Pelaku Usin bersama pelaku Asep, awalnya datang ke TKP sekira pukul 01.00 Wib untuk melihat situasi keberadaan motor yang terparkir.

Setelah situasi aman kemudian pelaku Usin dan Asep merusak kunci sepeda motor tersebut menggunakan kunci "T", setelah berhasil mengambil sepeda motor tersebut kemudian keduanya melarikan diri.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 357