Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Disnaker Kabupaten PALI Usman Dani. (Foto: Dokumen GlobalPlanet)

12 Oktober 2018 18:47:38 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bakal ajak pelajar SMA atau sederajat yang sudah mendekati kelulusan untuk ikuti pembekalan sekaligus pengenalan pengembangan kesempatan kerja.

Pembekalan tersebut dianggap penting karena saat ini pencari kerja sangat banyak, sementara lowongan kerja terbatas, terlebih pada pelajar yang akan lulus dari bangku sekolah.

“Para pelajar yang akan lulus ini harus mempersiapkan dirinya menghadapi tantangan kedepan. Setelah lulus sekolah bisa saja melanjutkan pendidikan atau langsung bekerja,” kata Usman Dani, Kepala Disnakertrans PALI, Jumat (12/10/2018).

Pembekalan akan dilakukan dengan cara mendatangi sekolah-sekolah tingkat menengah atas secara langsung dan akan menggandeng Disnaker Provinsi.

"Sebagian besar pelajar di PALI yang telah lulus SMA atau sederajat bingung menentukan langkah mau kemana setelah lulus sekolah. Akibat pilihan yang tidak terarah, banyak pelajar yang memilih menikah diusia dini yang tentunya menjadi beban keluarganya," ujar Usman.

Dari dasar itulah, pihaknya harus berperan langsung dengan cara memberikan pembekalan terhadap pelajar untuk ditawarkan dan diarahkan pilihan yang tepat diambil pasca lulus dari sekolah.

"Yang hendak kerja nanti kita arahkan bagaimana langkah-langkahnya, yang akan berwirausaha akan kita bekali dengan keterampilan, begitupun yang hendak melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kita akan tawarkan berbagai pilihan perguruan tinggi," paparnya.

Jadi apabila pelajar dibekali, diharapkan, mereka siap, baik itu memasuki dunia kerja, menjalankan usaha kewiraswastaan maupun menimba ilmu di perguruan tinggi.

"Inti dari kegiatan itu adalah untuk mencetak SDM yang siap pakai serta mempunyai keahlian dibindangnya masing-masing," tutupnya.

 

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 35