Berita :: GLOBALPLANET.news

Wali Kota Palembang didampingi Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya saat pertemuan membahas rencana pengembangan, di kantor PDAM Tirta Musi Palembang, Senin (22/10/2018). (foto: rachmad kurniawan).

22 Oktober 2018 14:45:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - PDAM Tirta Musi Palembang didorong siap menghadapi tantangan pertumbuhan penduduk dan meningkatnya tuntutan pelanggan, serta menurunnya kualitas air baku.

Wali Kota Palembang Harnojoyo meminta pihak BUMD penyedia air bersih ini menyiapkan langkah-langkah strategis. "Warga Palembang baru 73 persen yang terlayani kebutuhan air bersihnya. Penambahan kapasitas sudah terlaksana di Seberang Ilir sebesar 349 liter per detik, dan Seberang Ulu 20 liter per detik. Tahun 2021 mendatang akan ditambah saluran air di Gandus, Kalidoni, dan Sematang Borang masing-masing 1100 liter perdetik," ungkapnya usai mendengarkan paparan Dirut PDAM, Senin (22/10/2018).

PDAM Tirta Musi harus siap, belum lagi tantangan kedepan seperti bertambahnya penduduk, tuntutan perkembangan dari pelanggan, dan kualitas dari Sungai Musi. Ia menjelaskan, Pemkot Palembang dan pihak terkait ikut bekerja sama membantu.

"Setelah selesai semua penambahan kapasitas dan jaringan, kita harapkan tidak ada lagi warga yang mengeluh mengenai air. Selain itu, kendala selama ini yaitu, tarif listrik sudah kami ubah standarnya biayanya," kata dia.

Untuk cadangan air baku, pihaknya mewacanakan pembuatan waduk seluas 100 hektare. Saat ini, masyarakat Palembang masih bergantung dengan Sungai Musi.

"Untuk berjaga-jaga jika kemarau panjang, takutnya beberapa jaringan tak berfungsi saat kemarau panjang tiba ," tutupnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Putra Editor : Zul Mulkan 109