Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggita Bawaslu Lahat saat memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada awak media di Hotel Grand Zuri Lahat, Selasa (6/11/2018). (foto: ferry andhika).

06 November 2018 12:16:59 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Masih rendahnya pengawasan partisipatif terhadap pemilihan umum dinilai berdampak pada tingginya pelanggaran serta partisipasi pemilu. Untuk itu, Bawaslu Lahat berharap media massa mampu memberikan sosialisasi dan informasi terkait pemilu serta meningkatkan peran masyarakat selaku pengawasan partisipatif dalam pemilu. Sehingga terciptanya pemilu yang jujur, adil dan menghasilkan para calon yang berkualitas.

"Dari hasil evaluasi bahwa indeks pengawasan partisipatif di Lahat masih rendah. Untuk itu kita harapkan pula peran media agar bisa membantu mensosialisasikan tahapan Pemilu ke masyarakat," ujar Ketua Bawaslu lahat Andra Juarsyah Spd Mpd, saat acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, dengan awak media, di Grand Zuri Hotel Lahat, Selasa (6/11/2018).

Bentuk pengawasan partisipatif oleh masyarakat, Kata Andra, beragam. Misal saat ini proses DPT HP, maka diharapkan masyarakat agar aktif melihat apakah namanya terdaftar. Kemudian bentuk- bentuk pelanggaran bisa dilaporkan ke Bawaslu, pengawas kecamatan hingga tingkat kelurahan/desa, dan jangan bertindak sendiri. "Masyarakat kiranya dapat aktif dan berpartisipasi penuh terhapa pemilu, jika ada pelanggaran laporkan pada kami," sampainya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 63