Berita :: GLOBALPLANET.news

Panitia Alex Noerdin Cup 2019 saat melakukan persiapan di Hotel Santika, Minggu (2/12/2018). (Foto: Adi Kurniawan).

02 Desember 2018 16:18:49 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.id - Sebanyak 30 pemain sepakbola mantan punggawa Tim Nasional (Timnas) Indonesia, akan memberikan coaching clinic sekaligus menyeleksi anak-anak U-8 hingga U-14 di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

Rangkaian kegiatan Alex Noerdin Cup 2019 ini dimulai 4 Januari 2019 mendatang, bahkan puncaknya nanti anak-anak yang sudah terpilih akan dilatih langsung oleh pesepakbola asal Brazil yakni Ronaldinho.

Ketua Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri) Eddy Sofyan mengatakan, para mantan pemain Timnas ini diantaranya, Ferry Rotinsulu (kiper), Ponaryo Astaman, Kurniawan, Charis Yulianto, Isnan Ali, Bambang Pamungkas, Christian Gonzales dan Diego Michiels, akan memberikan pelatihan singkat bertajuk "Golden Eleven Coaching Clinic with Ronaldinho".

"Kick off akan dimulai dari Muaraenim mulai tanggal 4 Januari. Nanti para mantan pemain Timnas ini dibagi ke tiap-tiap kabupaten/kota," katanya, saat dibincangi di Hotel Santika, Minggu (2/12/2018).

Ia menjelaskan dari 17 kabupaten di Sumsel akan diambil masing-masing tiga anak. Nantinya, sebanyak 51 anak yang lolos seleksi ini akan mengikuti coaching clinic dengan pesepak bola dunia Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang pada April 2019.

Mereka ini akan mendapatkan kesempatan bertatap muka langsung dengan mantan pemain Timnas Brazil dan Klub Barcelona ini, mengikuti coaching clinic, berfoto dan mendapatkan sertifikat.

Untuk itu, panitia pelaksana membuka pendaftaran coaching clinic mulai Senin (3/12/2018) di masing-masing kabupaten/kota melalui Askab PSSI. "Kami perkirakan ada 5.000-an anak dari seluruh kebutuhan/kota yang akan ikut seleksi dan mengikuti coaching clinic dengan mantan pemain Timnas, dan perlu dicatat bahwa ini gratis," ujarnya.

Eddy menambahkan, kehadiran Ronaldinho ini tak lain untuk menggairahkan sepak bola di Sumsel, bahkan di Tanah Air, seperti yang diharapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin periode 2008-2018. Ronaldinho diharapkan menjadi sosok inspirasi para pesepak bola muda di Sumsel untuk menjadi pesepak bola profesional yang andal.

Sementara itu, turnamen sepak bola Alex Noerdin Cup akan bergulir di 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan mulai Januari 2019. Nantinya, dari setiap kabupaten akan diambil dua pemain terbaik untuk pembentukan Tim Sepak Bola Sumsel.

Tim yang berisi pemain terbaik Sumsel ini akan berhadapan dengan Tim AllStar Legend yang diperkuat Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada April 2018. "Ini menjadi kebanggaan sendiri bagi Sumsel yang bisa mendatangkan pemain kelas dunia. Tentunya ini menjadi penggerak kembali bagi Sumsel setelah sebelumnya menggelar Asian Games," kata mantan pemain Timnas ini.

Sementara Alex Noerdin menyampaikan, bahwa turnamen ini murni untuk pembinaan sepak bola di daerah. Dirinya pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BASRI yang sudah mau bekerjasama untuk kemajuan sepakbola di tanah air khususnya Sumsel.

“Saya juga berterima kasih kepada semua tim panitia di daerah yang semuanya mensuport dan siap mensukseskan kegiatan ini. Mari kita bekerja sama-sama dalam satu visi demi kemajuan sepak bola di Sumsel. Apalagi bapak nanti presiden akan nonton langsung aksi Ronaldinho di Jakabaring, jadi kita harus betul-betul melaksanakan kegiatan ini dengan baik,”ujar Alex.

Alex menambahkan, turnamen ini juga akan menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi setiap anak-anak, karena sejumlah pemain legenda timnas idola meraka akan hadir dan bisa menyaksikan langsung di setiap daerah. “Kapan lagi bisa bertanding dengan bintang-bintang sepak bola, ini akan jadi pengalaman yang sangat berharga bagi semua daerah di Sumsel. Termasuk juga menyaksikan aksi bintang sepak bola dunia Ronaldinho,” bebernya.

Bahkan, Alex juga berinisiatif kegiatan pembinaan sepakbola usia dini seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun, dan akan selalu mendatangkan para oemain top dunia lainnya. "Insyaallah, kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun bahkan pemain bintang nya juga pastinya akan lain-lain, bisa saja Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Hal ini dilakukan agar para pesepakbola usia dini agar semakin terpacu untuk melakukan latihan," tegasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : Zul Mulkan 73