Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas Lapas Klas II B Sekayu saat melakukan pemeriksaan satu per satu barang milik warga binaan, Senin (17/12/2018). (Foto: Ist).

17 Desember 2018 17:20:00 WIB

SEKAYU, GLOBALPLANET.news - Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Sekayu mendadak tegang. Puluhan petugas Lapas melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di seluruh blok, termasuk blok karantina.

Sidak dipimpin Kepala Lapas Klas II B Sekayu, Ronaldo DT, sekitar pukul 08.00 WIB, Senin (17/12/2018). Dimana pemeriksaan dan penggeledahan tersebut bagian dari operasi siaga. Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh dan mendetail, baik pada tubuh warga binaan maupun barang-barang di dalam blok, hingga tempat-tempat yang dinilai mencurigakan. Hasilnya, sebanyak 12 unit handphone milik warga binaan berhasil diamankan petugas. "Adan 12 HP yang disembunyikan oleh para warga binaan dan berhasil kita temukan," ujar Ronaldo.

Pengeledahan bertujuan untuk meningkatkan keamanan Lapas dengan tujuan agar Lapas bebas handphone, pungutan liar serta narkotika. "Sebentar lagi tahun baru, banyak warga binaan ikut euforia tahun baru nantinya. Kemungkinan ada potensi peredaran narkotika. Jadi kita perketat dengan menggelar operasi siaga pengamanan Natal dan Tahun Baru sejak 17 Desember hingga 7 Januari 2019," beber dia. 

Terkait masih terdapatnya benda terlarang di dalam Lapas, Ronaldo menuturkan, pihaknya terus melakukan peningkatan pemeriksaan terhadap pembesuk atau keluarga warga binaan yang datang.

"Petugas akan periksa seluruh tubuh dan bawaan makanan serta barang-barang lain. Kita juga akan lakukan pemeriksaan terhadap anggota sebagai bagian dari pengawasan internal," jelas dia.

Sementara, Humas Lapas Klas II B Sekayu, Perimansyah menambahkan, kegiatan tersebut baguan dari penguatan satuan tugas (Satgas). "Ini dalam peningkatan pengawasan dan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru di Lapas Klas II B Sekayu," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 180