Berita :: GLOBALPLANET.news

Kondisi Sekolah Dasar 13 Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin di Desa Kuala Puntian, Jumat (11/1/2019). (Foto: Adi Irawan)

11 Januari 2019 16:05:00 WIB

BANYUASIN , GLOBALPLANET.news - Warga terutama wali murid protes terhadap kepala sekolah dasar Tanjung Lago yang jarang masuk, sehingga diikuti para guru dan honorer. Dampaknya proses belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efisien.

Alam, seorang wali murid mengatakan, mengetahui kepala sekolah (Kasek) sering tidak masuk sekolah karena sering bertanya kepada anak didiknya. Sedangkan guru-guru juga tidak tahu keberadaan kepala sekolah.

"Kami sangat menyangkan ulah Kepala Sekolah yang jarang masuk kerja, sehingga berdampak kepada guru yang juga tidak masuk karena meniru kepala sekolah yang jarang masuk," kata dia.

Tindakan sepala sekolah ini sudah cukup lama, dan seringkali menjadi perbincangan warga namun wali murid masih sabar.  "Jadi kami minta Kepala Sekolah SDN 13 Tanjung Lago diganti saja, dan guru yang malas segera dipindahkan tempat serta guru yang honor distopkan saja," tegas dia.

"Kami mohon instansi terkait memberikan sanksi yang tegas jangan hanya diam. Sebab jika hal ini tidak ditindak lanjuti maka seluruh wali murid akan melakukan aksi damai di kantor bupati," terang dia.

Terpisah, Kepala SDN 13 Tanjung Lago Gunawan saat dikonfirmasi melalui whatts app mengatakan, alasan dia tidak masuk karena sibuk mengurus laporan sekolah.  "Hari ini laporan itu baru kelas," singkat dia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin M.Yusuf melalui Kabid  Dikdas Baharudin, mengatakan, jika memang informasi itu benar, kepala sekolah akan ditegur secara lisan. Dan jika masih ngeyel akan diberikan surat peringatan. "Intinya kepala aekolah harus aktif untuk memajukan dunia pendidikan ini," pungkas dia. 

Reporter : Adi Irawan Editor : Zul Mulkan 223