Berita :: GLOBALPLANET.news

Tersangka Santi saat diamankan di Mapolsek Penukal Abab. (Foto: Ist)

11 Januari 2019 19:50:56 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Warga Desa Gunung Menang, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendadak heboh. Pasalnya, dompet nenek Awiyah (76) dirampas oleh seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Santi (40) yang berpura-pura menjual madu keliling.

Kejadian itu berlangsung Kamis (10/1/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, saat pelaku yang tercatat sebagai warga Lorong Rela No 24, Kelurahan 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II, Kota Palembang menawarkan lima botol madu kepada korban dengan mendatanggi rumahnya.

Saat korban tertarik untuk membeli, tiba-tiba pelaku justru merampas dompet perempuan lanjut usia (lansia) itu dan mengambil isinya, berupa uang sebanyak Rp250 ribu yang tersimpan di dalam dompet tersebut.

Tidak puas dengan hasil begitu, pelaku justru masuk ke dalam rumah korban, dan langsung mengambil handphone merk Xiomi Redme A4, dan pergi keluar rumah, sehingga membuat warga berdatangan dan melaporkanya ke Mapolsek Penukal Abab.

Setelah melakukan pengejaran, sekitar pukul 14.00 WIB, petugas mengetahui keberadaan pelaku sedang berada di Desa Babat, Kecamatan Penukal, menjajahkan daganganya berupa madu alami yang sudah berada di dalam botol.

Tanpa pikir panjang, petugas langsung menangkapnya dan membawanya ke Mapolsek Penukal Abab tanpa perlawanan. Saat diperiksa pelaku mengakui, bahwa dirinya telah melakukan perampasan dompet di Desa Gunung Menang.

Kapolsek Penukal Abab Iptu Alpian SH mengatakan, bahwa pelaku sebelumnya sempat mengelak telah melakukan aksi perampasan itu. Namun, saat korban datang dan bertemu langsung pelaku akhirnya mengakui perbuatanya itu.

"Saat ini, pelaku telah diamankan dan terancam pelanggaran pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Barang bukti yang turut diamankan yakni lima botol madu dan sebuah heandpone," katanya.

Sementara, pelaku Santi mengakui bahwa dirinya khilaf melihat uang yang berada di dompet sang nenek. "Aku menyesal pak, memang niat aku bukan untuk mencuri tapi memang mau menjual madu ini dengan cara keliling," kilahnya

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 302