Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Widodo. (Foto:Karerek)

13 Januari 2019 08:38:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Widodo mengaku optimis semua Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2019 ini.

“Tahun lalu untuk SMKN sudah 90 persen lebih dan SMAN sudah 80 persen sudah melaksanakan UNBK. Tahun ini insya Allah 100 persen UNBK,” ungkapnya kepada Globalplanet, Minggu (13/01/2019).

Dijelaskan Widodo, belajar dari tahun sebelumnya, listrik dan jaringan internet menjadi dua aspek yang sangat menentukan jalannya proses UNBK. Langkah yang diambil piha Disdik Provinsi sebagai antisipasi dengan mamastikan konektifitas listrik dan jaringan internet dapat dijamin dan dipastikan tidak putus atau mati saat pelaksanaan UNBK.

“Kita berharap selama pelaksanaan UNBK PLN tidak melakukan pemadaman, namun sekolah tetap harus menyediakan genset sebagai langkah upaya antisipasi. Sebab, jika listrik mati lebih lima menit saja saat UNBK, maka mental siswa akan terganggu,” ungkapnya. 

Widodo juga memberikan himbauan kepada vendor jaringan internet agar tidak hanya mencari keuntungan saja, tetapi ikut terlibat memberikan kontribusi kepada anak muda di Sumsel dengan menyediakan jaringan internet yang baik hingga ke pelosok-pelosok.

“Kalau internet baik, proses download soal UNBK yang dilakukan pihak sekolah berjalan dengan baik,” ucapnya.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 174