Berita :: GLOBALPLANET.news

Pemateri workshop pertemuan ahli gambut saat memberikan materi di Hotel The Zuri Palembang, Selasa (29/01/2019). (Foto:Karerek)

29 Januari 2019 12:42:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Tim Retorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Zoologic Society of London ZSL bakal mengembangkan dan mengusulkan empat sentra laboratorium riset khusus gambut di Sumsel.

Ketua TRGD Provinsi Sumsel, Najib Asmani mengungkapkan, sentra laboratorium riset yang diusulkan  kepada pemerintah daerah ini merupakan yang pertama di Indonesia. 

"Kita provinsi pertama yang akan memiliki laoratorium riset di Indonesia. Kita berharap tahun ini sudah bisa terwujud," ungkapnya usai workahop pertemuan ahli gambut di Hotel The Zuri Palembang, Selasa (29/01/2019). 

Dijelaskan Najib, empat laboratorium riset gambut di Sumsel ini terletak bernagai daerah yakni Sepucuk OKI, kawasan HTI, kawasan Taman Nasional Sembilang dan kawasan Banyu Urip Muba.

"Risetnya nanti akan dosertakan dengan aksi, sehingga masyarakat bisa terlihat apakah bermanfaat kepada masyarakat atau tidak. Sebab kita ingin pengelolahaan gambut bisa mengurangi kemiskinan di Sumsel," terangnya. 

Sementara itu, Direktur Proyek KELOLA Sendang, Damayanti Buchori mengungkapkan, komunikasi riset perlau menjadi sangat penting dilakuman dalam pengelolaan gambut di Sumsel. 

"Komunikasi riset perlua dilakukan kepada masyarakat agar masyarakat tau manfaat gambut bagi mereka," terangnya.

Reporter : Globalplanet Editor : Karerek 402