Berita :: GLOBALPLANET.news

Program Indonesia Pintar (PIP) melalui jalur stakeholder atau perorangan dari Komisi X DPR-RI Ir. Sri Meliyana mulai berangsur terealisasi di Kabupaten Ogan Ilir. (Foto: Ist)

04 Februari 2019 10:54:56 WIB

OGAN ILIR, GLOBALPLANET.news - Program Indonesia Pintar (PIP) melalui jalur stakeholder atau perorangan dari Komisi X DPR-RI Ir. Sri Meliyana mulai berangsur terealisasi di Kabupaten Ogan Ilir. Di Ogan Ilir sendiri, program yang diperuntukan bagi peserta didik kurang mampu atau nyaris diambang miskin disalurkan dari tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK.

Sri Meliyana mengatakan sebagai anggota DPR-RI dari Komisi X Fraksi Gerindra dirinya memperjuangkan Program Indonesia Pintar (PIP) bagi peserta didik.

"Kita selalu memperjuangkan supaya peserta didik yang diajukan ke Kementerian Pendidikan melalui program ini tidak ada yang putus sekolah. Komisi X DPR-RI dalam hal ini adalah mitra kerja Kementerian Pendidikan," ucap Sri Meliyana, Senin (4/2/2019).

Tenaga ahli komisi X DPR-RI, Jojon Novandri menuturkan, selain Kabupaten Ogan Ilir, program PIP Aspirasi perorangan dari komisi X DPR-RI, Ir Sri Meliyana disalurkan di 11 Kabupaten / Kota. "Belasan ribu bantuan tersebut diperjuangkan di 11 Kabupaten / Kota, Sumatera Selatan. Program PIP ini bisa disalurkan melalui 2 jalur yakni jalur Dinas Pendidikan dan jalur stakeholder atau aspirasi perorangan dari komisi X DPR-RI," kata Jojon.

"Ini sudah sesusai UU, dimana anggota DPR RI termasuk anggota komisi X bisa melakukan pengusulan atau memperjuangkan nama-nama pelajar yang dianggap layak untuk mendapat PIP," ungkap Jojon kembali.

Meli Puspita, Kader partai Gerindra yang ikut membantu merealisakan beasiswa itu ke peserta didik mengatakan, meskipun ada beberapa hambatan di dapil 3 Ogan Ilir, namun perjuangan mereka bagi peserta didik kurang mampu sudah mulai berjalan lancar dibantu oleh Dinas Pendidikan Ogan Ilir.

"Untuk daerah pemilihan (Dapil) 3 Kabupaten Ogan Ilir, ada ratusan beasiswa PIP untuk peserta didik yang secara finansial kurang mampu atau nyaris diambang miskin," ucap Meli Puspita.

"Realisasinya mulai tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)." lanjut wanita yang akrab disapa Melly ini.

PIP untk siswa SD mendapat sebesar Rp 450.000, SMP Rp750.000, dan SMA/SMK Rp1.000.000, kecuali bagi siswa di kelas 1 yang mendapatkan separuh dari ketentuan di atas.

"Untuk sekarang pencairan secara perorangan baru terealisasi di tingkat SMA di dapil 3 Ogan Ilir. Semoga perjuangan untuk beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi peserta didik. Kemarin saja saya dapat laporan dari salah satu siswa yang sudah dapat bahwa uang tersebut dibelikan Tas, sepatu, seragam sekolah dan untuk keperluan lainnya," tutup Melly

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 256